Selasa, 15 September 2020

Pengiriman Logistik Lewat Peti Kemas Selayar-Surabaya, Resmi Beroperasi


SELAYAR, KNEWS - Rute pengiriman logistik lewat peti kemas Selayar - Surabaya resmi beroperasi pasca diluncurkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman  dan Investasi yang diwakili oleh Sekretaris Deputi bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Lukijanto, di Pelataran Pelabuhan Rauf Rahman Benteng Selayar, Sulawesi Selatan. Rabu,  (9/9/2020).  


"Sesuai dengan amanat pemerintah untuk membuat pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, maka kami terus mengkoordinasikan dan menyinergikan berbagai k/l terkait agar hal ini terwujud. Semoga ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Selayar, dan yang paling penting ialah bisa mengembalikan kejayaan Selayar di bidang maritim," ujar Sesdep Lukijanto melalui keterangan resmi, hasil peninjauan langsungnya yang ditulis pada Senin, (14/9/2020). 

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Marjani Sultan mengatakan bahwa momentum launching perdana pengiriman barang peti kemas Selayar-Surabaya dan sebaliknya, dapat merefleksikan perjalanan panjang daerahnya, serta adanya keinginan yang kuat dari segenap komponen masyarakat untuk mengembalikan ekstensifikasi dan kejayaan Selayar.


Adapun launching yang digelar ditandai dengan pemecahan  kendi  oleh Sekretaris Deputi bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves. Kemudian dilakukan peninjauan driver container dan penandatanganan MOU antara PD. Berdikari dengan PT. INDO OIL perkasa dan PT Bumi Indo Jaya Gemilang. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sulsel Jayadi Nas mewakili Gubernur Sulsel, Muhammad Basir mewakili Direktur Utama PT. Pelindo IV Makassar,Kapolres Kepulauan Selayar Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Kajari Kepulauan Selayar Para kepala OPD serta seluruh undangan lainnya turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 


Sebagai kilas balik yang dikutip dari situs resmi National Geoghraphic, Selayar punya peran penting dalam kejayaan maritim nusantara, antara lain melalui perdagangan rempah-rempah di Moluccan (Maluku), yang nantinya rempah-rempah tersebut, seperti pala, cengkeh, lada dan lainnya akan beredar ke seluruh penjuru nusantara dan belahan dunia lain. Pulau ini menjadi tempat singgah para pedagang untuk mengisi armada lautnya dengan sejumlah bekal sembari menunggu musim yang baik untuk berlayar. Dari situlah, muncul kata “Selayar”

Karena hal itu Marjani sangat mengapresiasi letak  kepulauan Selayar yang strategis ini. 

"Dari sisi pembangunan ekonomi, sosial dan budaya, dapat diperhitungkan dalam konteks regional, nasional bahkan internasional dengan modal utama keuggulan potensi daerah, lebih khususnya lagi yaitu posisi strategis Selayar pada episentrum bahari nusantara," ujar Sekda Marjani. 


"Saya Marjani Sultan sebagai Sekertaris Daerah Kabupaten Selayar mewakili bupati Kabupaten Selayar, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI dan PT. Pelindo IV (Persero) dan rombongan lainnya atas kesediaannya berkunjung ke Bumi Tanadoang Selayar," tutupnya

(Ril/sabriani)

Sebelumnya
Selanjutnya