Senin, 05 Oktober 2020

Pendaftaran Sarasehan Kepenulisan Dibuka, Berikut Link Proposal dan Pendaftarannya!


GOWA, KNEWS -Sarasehan Kepenulisan HMI Cabang Gowa Raya merupakan sebuah program kerja berkelanjutan yang digagas oleh Bidang Informasi dan Komunikasi HMI Cabang Gowa Raya Periode 1442-1443 H / 2020-2021 M.

Sarasehan sendiri secara definitif adalah forum yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat para ahli di bidang tertentu, sementara itu kepenulisan adalah segala perkara yang menyangkut penulis baik dari segi terkecil seperti metodologi dan proses menulis dasar hingga jangkauan terbesar seperti menjadi penulis profesional.

Sarasehan Kepenulisan adalah sebuah forum atau pelatihan tentang dunia menulis yang dipandu oleh para ahli di bidang menulis. Adapun ide dari lahirnya Sarasehan ini tidak terlepas daripada kondisi internal HMI dalam hal para kader HMI Komisariat se-Cabang Gowa Raya. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh pengurus Bidang Informasi dan Komunikasi HMI Cabang Gowa Raya periode 1442-1443 H / 2020-2021 M yang menjadikan Konstitusi dan Pedoman Perkaderan HMI pada poin 1.5.2.1 tentang perkaderan formal yang dibagi menjadi tiga, yakni training formal, non-formal dan training lainnya yang lebih kepada pelatihan yang dilakukan berdasarkan kebutuhan dan minat kader sebagai dasar rujukan tentang survey kebutuhan kader HMI Cabang Gowa Raya pada wilayah kepenulisan, diperoleh kurang lebih 34 responden yang berasal dari kader komisariat sejajaran Cabang Gowa Raya yang mengisi kuesioner tersebut dengan pertanyaan tentang masalah atau hambatan yang sering dihadapi dalam menulis dan materi yang dibutuhkan untuk mendukung skilldalam menulis.

Beberapa masalah yang dihadapi kader HMI Cabang Gowa Raya dalam menulis yang dihimpun berdasarkan kesesuaian pertanyaan dan jawaban dalam kuesioner, antara lain kurangnya wadah untuk mencari dan menemukan referensi; arah penulisan yang tidak sistematis; menyusun tulisan opini dari hasil analisis data; kurangnya kosakata dan minimnya skill terkait tanda baca; kurangnya narasi dalam penyusunan kalimat saat menulis; motivasi menulis dan tidak percaya diri; kurangnya pengetahuan dalam menulis; dan kurang mengetahui teknik penulisan.

Lebih lanjut, mengenai pertanyaan terkait materi yang dibutuhkan dalam menulis. Dari 5 pilihan jawaban dan 1 pilihan untuk jawaban yang tidak ada dalam pilihan, terdapat 14 tanggapan untuk pilihan materi tentang Menyusun Opini, Esai, Jurnal dan Skripsi. 7 tanggapan untuk materi Metodologi Penulisan dan Penelitian Ilmiah. 5 tanggapan untuk materi Penyusunan dan Penulisan Artikel. 4 tanggapan untuk materi Merancang Penelitian dan Menemukan Novelty Penelitian. 4 tanggapan untuk jawaban yang tidak ada dalam daftar pilihan dengan keterangan: segala hal yang berbau kepenulisan dibutuhkan.

Diagram Presentase Materi yang Dibutuhkan

Berdasarkan hasil survey yang telah dirapatkan di internal Bidang Informasi dan Komunikasi dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan kader HMI Cabang Gowa Raya dalam hal kepenulisan, maka menghasilkan tiga jenis pelatihan kepenulisan yang nantinya akan digelar, antara lain sebagai berikut:

  1. Pelatihan Kepenulisan Tingkat Dasar (Basic Training in Writing)
  2. Pelatihan Kepenulisan Tingkat Menengah (Intermediate Training in Writing)
  3. Pelatihan Kepenulisan Tingkat Lanjutan (Advance Training in Writing)

Sarasehan Kepenulisan ini diawali dengan Pelatihan Kepenulisan Tingkat Dasar dengan tujuan atau fokus utama adalah pemahaman tentang konsep dasar kepenulisan baik dari segi metodologi maupun teknik merancang tulisan agar mampu menulis secara sistematis dan sesuai kaidah kepenulisan serta menjadikan rutinitas menulis sebagai sebuah kebutuhan dalam mengartikulasikan hasil bacaan, diskusi dan tangkapan fenomena kehidupan keseharian ke dalam bentuk tulisan.

Sementara itu, target dari Pelatihan Kepenulisan Tingkat Dasar adalah agar kader HMI Cabang Gowa Raya:

  1. Meningkatkan wawasan pengetahuan kader HMI Cabang Gowa Raya tentang menulis yang baik dan benar.
  2. Mengembangkan minat dan bakat kader HMI Cabang Gowa Raya dalam bidang penulisan.
  3. Lahirnya motivasi dalam diri kader HMI Cabang Gowa Raya untuk mempelajari penulisan secara utuh dan  menyeluruh.
  4. Mampu meningkatkan kemampuan akademis.
  5. Kader HMI Cabang Gowa Raya mampu melahirkan karya dalam bentuk tulisan dan dibukukan.

Untuk penjelasan selengkapnya, silahkan download link Proposalnya dibit.ly/ProposalPesertaPKTDCagoradan Formulir Peserta dibit.ly/FormPendaftaranPKTDCagoraserta Surat Pernyataan Peserta dibit.ly/SuratPernyataanPesertaPKTDCagora.

(Red)


Sebelumnya
Selanjutnya