Kamis, 08 Oktober 2020

Teknik Industri FTI UMI Makassar Hadirkan Dua Guru Besar dalam Seminar SENTRA 2020


MAKASSAR, KNEWS - Program Studi Teknik Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) sukses menyelenggarakan Seminar Nasional Teknik Industri dan Manajemen (SENTRA) 2020, Seminar Nasional yang bertema "Peran Teknik Industri dalam Pemetaan dan Akselerasi Industri di Era 4.0", Rabu (07/10/20).

Dua guru besar Teknik Industri yakni Prof Dr Ir Senator Nur Bahagia dari Institut Teknologi Bandung dan Prof Ir I Nyoman Pujaman menjadi pembicara kunci pada Seminar Nasional yang diikuti oleh 106 perguruan tinggi di Indonesia, termasuk ITB, Undip, dan juga Universitas Trisakti. Dua pembicara kunci tersebut didampingi oleh Dr Ir H Dirgahayu Lantara, ASEAN Eng dari Universitas Muslim Indonesia sebagai moderator. 

Dr. Eng. Ir. Irma Nur Afiah selaku penanggungjawab SENTRA 2020 mengungkapkan bahwa terdapat 73 makalah yang dipresentasikan dari 5 kategori bidang keilmuan dalam Teknik Industri. SENTRA 2020 akan menjadi pembuka Seminar Nasional rutin yang akan dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Industri UMI ke depannya.

 “Alhamdulillah, meski dalam situasi pandemi, antusias peserta cukup besar. Kami juga berusaha untuk melaksanakan Semnas dengan baik. Seluruh makalah yang masuk telah direview dan peserta memperbaiki sesuai koreksi dari reviewer. Hal ini kami lakukan untuk menjamin kualitas makalah yang akan dipaparkan,” jelasnya. 
 
Seminar Nasional yang dirangkaikan dengan Kongres ke-9 BKSTI ini akan menganugerahkan beberapa award bagi peserta, yakni: Best Paper Award, Best Presenter Award, dan Best Participant Award. Pengumuman peraih award akan dilaksanakan di hari ketiga, 8 Oktober 2020, pada saat penutupan. 

Dekan FTI UMI Dr Ir H Zakir Sabara, mengatakan bahwa dalam masa pandemi covid-19, Jurusan TI FTI UMI, sebagai tuan rumah Kongres dan pelaksanaan SENTRA 2020, menyesuaikan acara yang tadinya direncanakan diselenggarakan di Kampus Teknik Industri FTI UMI Makassar dan dihadiri secara langsung oleh delegasi prodi TI dari seluruh Indonesia menjadi Kongres daring. 

"Acara Kongres BKSTI IX yang juga dirangkaikan dengan Seminar Nasional Virtual Sentra 2020 diselenggarakan melalui Zoom Cloud Meetings ini dihadiri oleh hampir 300 peserta dari prodi TI perwakilan 106 Perguruan Tinggi di Indonesia," ucapnya.

"Meskipun Kongres dan Seminar terlaksana dalam masa pandemi, semua agenda yang telah disusun dapat terlaksana dan menghasilkan keputusan yang akan mendorong kemajuan teknologi industri di Indonesia secara berkelanjutan di Era 4.0," tutupnya.

(Ril/Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya