Jumat, 20 November 2020

Humaniera Fisip Unismuh Lakukan Launching JIAN CORNER


MAKASSAR, KNEWS - Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara (Humaniera) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melaunching JIAN CORNER, Ruang Diskusi Bulanan terkait Kebijakan Publik di Lecture Theater, Lantai 5 Gedung Menara Iqra Fisip Unismuh, Kamis (19/11/20).

Acara ini langsung diisi dengan Diskusi Perdana JIAN CORNER dengan mengangkat tema "Pilkada 2020: Problematika dan Solusinya" tampil sebagai Narasumber, Komisioner KPU Kota Makassar, Abdul Rahman sebagai praktisi penyelenggara Pilkada dan Wakil Dekan I Fisip Unismuh Makassar, Dr. Burhanuddin yang membuka kegiatan launching tersebut.

Pada kesempatan itu, Abdul Rahman menjabarkan persiapan dan aturan-aturan dalam penyelenggaraan Pilkada terbaru berdasar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 seperti perubahan dalam kegiatan kampanye Akbar yang dulunya mengundang artis dan tokoh politik kini tidak diperbolehkan, bahkan peserta kampanye Akbar dibatasi dalam jumlah tertentu.

"Berkenaan dengan problematika Pilkada 2020, sebagai penyelenggara Pilkada tentu ada  problem yang menanti disela persiapan yang telah diatur matang oleh penyelenggara. Isu keamanan, teror dan sengketa hukum sering dijumpai, bahkan kami di KPU kerap banyak ujian dan fitnah, harapan sebagai penyelenggara terutama bagaimana menciptakan Pilkada yang sehat, anti golput dan money politic," katanya.

Sementara itu, Wakil Dekan I Fisip Unismuh Makassar, Dr. Burhanuddin menyampaikan apresiasinya kepada Humaniera.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara yang berani tampil beda dengan menghadirkan diskusi khusus mengkaji kebijakan dan administrasi," ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Nasrulhaq menegaskan sangat mendukung kegiatan diskusi JIAN CORNER.

 "Kegiatan Launching Ruang Diskusi ini yang kedepannya akan konsisten mengangkat isu-isu kebijakan publik kontemporer sangat berguna sekali untuk mengupgrade pengetahuan mahasiswa khususnya di Jurusan Ilmu Administrasi Negara," ujarnya. 

Ketua Umum Humaniera, Andi Mitha Monalisa menyebutkan JIAN CORNER ini akan berupaya menghadirkan ruang diskusi sehat antara mahasiswa, dosen dan praktisi untuk bersinergi.

"Perpaduan antara kajian keilmuan dari dosen di fakultas/kampus ditambah sharing pengalaman dari praktisi merupakan ruang diskusi ciamik dalam mengolah dan menggali pengetahuan," ucapnya.

Penanggung jawab kegiatan JIAN CORNER, Busri mengucapkan bahwa mengangkat tema Pilkada 2020 di masa pandemi ini memang sangat monumental dan faktual saat untung dibicarakan.

"Kajian ini berupaya mengelaborasi sejauh mana adaptasi New Normal dan protokol Covid-19 ini tetap menghasilkan Pilkada yang berintegritas dengan tetap teguh pada prinsip fairness, jujur dan adil dalam demokrasi elektoral," tutup Busri.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya