Kamis, 12 November 2020

Internship Program Knews X Ujaran, Hadirkan Winda Kompas TV


SINJAI, KNEWS - Internship Program, Knews dan Ujaran dibawah naungan PT. Mangathara Media Indonesia berkolaborasi dengan Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (JTIK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM), menggelar bincang-bincang jurnalis,  secara virtual via zoom, Kamis (12/11/20).

Dengan Mengangkat tema “Bincang-bincang Jurnalis Masa Kini” kegiatan ini di ikuti sekitar 80 peserta baik itu dari peserta magang Internship Program Knews X Ujaran dan mahasiswa JTIK UNM

Direktur PT. Mangathara Media Indonesia, Nurhidayatullah B. Cottong dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada teman-teman peserta magang dan JTIK UNM. Kegiatan ini kami harap dapat menambah pengetahuan dan cakrawala berpikir tentang jurnalisme khususnya kepada peserta magang dan rekan-rekan mahasiswa,” ucapnya.

Sementara itu, Head of the Departement Informatic and Computer Engineering UNM, Mustari S. Lamada menuturkan, bahwa media adalah jantung di era sekarang ini.

“Media adalah moncong senjata dalam menjalankan strategi dalam semua sektor, media juga langkah dalam menjawab tantangan zaman dan siapa yang dapat menguasai media maka dialah yang akan mengontrol peradaban,” Ucapnya.

Mustari kemudian menambahkan, menjadi seorang jurnalis apalagi masih berstatus seorang mahasiswa namun telah berkecimpung dalam dunia jurnalistik harus tetap mengedepankan sikap kritisnya.

“Olehnya itu, kami berharap khususnya kepada wartawan Ujaran dan Knews untuk mengabarkan berita yang baik tapi tidak menutupi hal yang buruk, pada intinya sampaikanlah sesuatu dengan sebenar-benarnya,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, News Anchor Kompas TV, Nurwinda Anggraeny dalam pemaparannya, menyampaikan poin-poin mendasar dalam jurnalistik itu sendiri.

“Seorang jurnalis yang profesional harus memegang independensinya, jujur, dan berpihak kepada kebenaran itu sendiri,” tutur Winda sapaan akrabnya.

Seorang jurnalis harus mampu berkreasi, salah satunya menurut Winda adalah mengolah berita dengan konsep yang menarik agar minat pembaca itu sendiri terpantik membaca apa yang kita tulis.

“Jurnalis saat sekarang ini menuntut seorang wartawan itu sendiri dalam mengolah berita secara menarik, pasalnya jurnalis masa kini ada hal yang berubah, diantaranya kecanggihan teknologi dan perilaku masyarakat itu sendiri, yang tentunya mengikuti perkembangan zaman,” tutupnya.

(Renaldi)

Sebelumnya
Selanjutnya