Jumat, 27 November 2020

Kelas Kepenulisan HMI Kelautan UNHAS : Dorong Kemampuan Literasi Pemuda di Sektor Maritim


MAKASSAR, KNEWS - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Komisariat Ilmu dan Tekhnologi Kelautan Universitas Hasanuddin Cabang Makassar Timur, menggelar Kelas Kepenulisan. Yang dilaksanakan sepanjang bulan November hingga Desember 2020 bertempat di Kedai Inklusi, Kecamatan Tamalanrea. Jl. Perdos Unhas. 

Kelas dilakukan dengan intensif dengan menjaring peserta  hingga 15 orang melalui tulisan yang terseleksi. Pelaksanaan yang penuh hikmat dengan mengikuti protokol Covid-19 yang bertemakan “Literasi Manusia Kelautan Indonesia ”.

Kelas dimentori langsung oleh penggiat karya tulis ilmiah, aktivis advomedia, author media kampus, dan penulis buku. salah satunya Dwi Nining yang pernah meraih Juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Kemaritiman.

“Kelas semestinya mampu mencetak penulis berdaya literasi tinggi, melalui kelas ini diyakini mampu untuk membentuk insan yang bersaing dengan penulis muda nasional hingga internasional. " Ungkap Dwi Nining. Kamis, (26/11/2020). 

Di Kesempatan yang sama ketua umum HMI Kom. Ilmu dan Teknologi Kelautan, Achmad Husein Nyompa dalam sambutan nya mengatakan bahwa literasi sangat penting untuk membentuk kader bangsa. 

"Kelas Kepenulisan ini penting dalam membentuk kader-kader bangsa. Kelas melatih Literasi  penulis bahwa bagian mendasar yang membentuk sumberdaya manusia menuju upaya penyadartahuan. Upaya penyadartahuan literasi menjadi penting untuk menpersiapkan generasi emas Indonesia 2045. Serta penulis juga dipacu untuk melatih kepekaan sosial dalam membaca fakta, Kepekaan dan pembacaan fakta akan menjadi modal yang penulis agar mampu mengekspresikan terwujudnya masyarakat adil makmur melalui daya literasi .” Kata Achmad Husein. 

Salah Satu Peserta kelas menulis, Irfandi Arif, mengakui pentingnya ruang-ruang literasi digiatkan. Utamanya mahasiswa, karna literasi diperlukan dalam setiap kegiatan. 

“Kehadiran kelas kepenulisan yang diadakan HMI Komisariat Ilmu dan Teknologi Kelautan begitu membantu dan memantik saya, awalnya saya sangat malas menulis dan hanya lebih suka bertutur kata. Namun, setelah mempelajari tulisan dan mengetahui kekuatan luar biasa dari menulis saya kini sangat yakin usaha menulis mampu untuk memberikan kontribusi pengetahuan dalam spirit keislaman dan keindonesiaan. ” Ucap Irfandi Arief selaku ketua kelas kepenulisan.

Program kelas kepenulisan diharapkan menjadi solusi dari beragam problematika dalam masyarakat khususnya membantu dalam meningkatkan kualitas literasi Manusia Kelautan Indonesia. Kelas Kepenulisan menjadi jawaban dalam menyuarakan suara-suara masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil agar mampu terdengar dalam ranah kebijakan yang mampu membentuk opini publik mengenai kemaritiman.

(Ril/Ree').

Sebelumnya
Selanjutnya