Sabtu, 07 November 2020

KKN-DK Angkatan 64 UINAM di Bulukumba Zona-2 Mendapat Kunjungan Monev Dari Pimpinan


BULUKUMBA, KNEWS - Mahasiswa UIN Alauddin yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Dari Kampung (KKN-DK) di Kabupaten Bulukumba mendapat kunjungan  dari Pimpinan UIN Alauddin Makassar, Sabtu (07/11/2020).

Acara yang dilaksanakan di aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba itu dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Alauddin, Dr. Muhsin Mahfudz, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bulukumba, Dr. H. Muh. Ali Yafie dan Dosen Pembimbing, Dr. Hj. Rosmini Amin, beserta BP KKN Andi Ariyanti.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap proses pelaksanaan KKN-DK. Dalam sambutannya, Kakankemenag sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa KKN-DK. 

Selain sebagai tugas akademik, KKN-DK sangat strategis bagi pengembangan kemitraan antara kampus dengan kementerian agama, khususnya penguatan Pondok Pesantren, TPA/TKA dan Majelis Taklim. Kakankemenag mendorong mahasiswa agar bermitra dengan KUA setempat dalam rangka membantu penyelesaian itsbat pernikahan, suatu upaya untuk pencatatan kembali pernikahan sirri dan pernikahan dini yg telah cukup umur agar mendapat pengakuan negara. 

Sementara itu, Dekan FUF UIN Alauddin menekankan bahwa KKN-DK di masa pandemi memiliki keunikan dan tantangan tersendiri yg tidak dimiliki oleh KKN sebelumnya. Pak Dekan mengingatkan tiga hal yang sangat substantif selama Ber-KKN. Pertama, KKN itu merupakan kesempatan terbaik untuk mengasah keterampilan hidup (life skill), di mana mahasiswa bersentuhan langsung dengan masyarakat secara nyata. Kedua, KKN itu momentum di mana kompetensi personal, sosial dan kepemimpinan diuji di tengah masyarakat. Ketiga, suksesnya kegiatan KKN sangat ditentukan oleh keterlibatan secara aktif antara mahasiswa dengan masyarakat (community engagement).

Pada kesempatan yang sama, mahasiswa KKN-DK menyampaikan program kerjanya, baik yang sudah terlaksana maupun yang belum. Prinsipnya, program kerja mahasiswa telah mencakup bidang pendidikan, sosial-budaya, keagamaan, Kewirausahaan, kesehatan dan lingkungan.

Bidang pendidikan, Mahasiswa telah melakukan pembinaan TPA/TKA, pendampingan pembelajaran daring dan luring di sekolah. Bidang sosbud, mahasiswa telah melakukan pelatihan seni tari untuk melestarikan budaya setempat. Bidang keagamaan, mahasiswa memprogramkan festival anak Saleh. Bidang Kewirausahaan, mahasiswa menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Kementerian Tenaga Kerja untuk memberikan pelatihan keterampilan menjahit bagi santri Pondok Pesantren Al-Fatihah. Bidang kesehatan, mahasiswa telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada mesjid dalam rangka memutus matarantai penyebaran Covid-19. Sedang, bidang lingkungan, mahasiswa dan masyarakat melaksanakan "Jumat Bersih" secara reguler.

Dosen Pembimbing sangat mengapresiasi program kerja mahasiswa yang sangat kreatif dan strategis. Dr. Rosmini Amin mengingatkan bahwa sangat penting mempertimbangkan sustainability (keberlanjutan) dari setiap program kerja. Selain itu, mahasiswa harus memastikan bahwa program kerja berpihak kepada masyarakat agar terasa keterlibatan bersama dalam mewujudkan tujuan bersama. 

"Jangan lupa merespons masukan kemenag Bulukumba tentang keterlibatan mahasiswa dengan penyuluh dalam melakukan sosialisasi, anti pernikahan dini dan penyelesaian itsbat nikah," pungkasnya.

Sepanjang acara monev, mahasiswa dan seluruh yang hadir sangat antusias dan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

(Waode)

Sebelumnya
Selanjutnya