Rabu, 18 November 2020

Wisata Buntu Sumbang Enrekang, Keindahan Pesona Alam yang Menggugah Hati Tuk Berkunjung!


KNEWS, Enrekang - Lagi hits, wisata pemandangan dengan keharmonisan indahnya sang alam, yakni wisata Buntu Sumbang Enrekang. Untuk Lokasinya sendiri berada di kelurahan Mataran, kecamatan Anggereja, kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Dengan menyajikan keindahan panoramanya, kini wisata buntu Sumbang jadi tempat langganan untuk para pemuda-pemudi, khususnya di kabupaten Enrekang sendiri.

Buntu sumbang salah satu spot camping yang ramai di kunjungi warga sekitar. Bukan hanya warga sekitar namun hampir sekabupaten enrekang ramai berdatangan kegunung ini. Untuk menikmati indahnya alam Enrekang.

Bagaimana tidak, tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam di waktu malam yang amat menabjubkan. Dilokasi ini anda akan menikmati indahnya perlap perlip lampu-lampu. Lampu yang terang benderang di kawasan kebun bawang masyarakat sekitar.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh salah satu pengunjung yakni Aisyah Yustika. Dirinya merupakan warga asli kabupaten Enrekang. Ia mengatakan bahwa wisata Buntu Sumbang indah akan keindahan cahay lampu saat malam hari.

"Bagus sekali itu wisata Buntu Sumbang. Karena lampu-lampunya di kawasan kebun bawang banyak dan keren sekali. Kalau malam kita liat kayak kota itu lampu-lampu bawang. Seriuska bagus sekali," kata Aisyah kepada bukabaca.id, melalui whatsapp. Rabu, (18/11/2020).

Bahkan kata Aisyah, wisata Buntu Sumbang ini sering di juluki sebagai negeri diatas cahaya. Cahaya yang di hasilkan dari lampu para petani bawang. Membuat nuansa makin romantis di malam hari.

Tak salah jika wisata Buntu Sumbang Enrekang dengan suguhan keindahan alam yang demikian memiliki banyak minat kunjung dari para pengunjung.

"Kalau pengunjungnya banyak sekali juga, karena memang saya akui bagus sekali pemandangan diatas sana. Apalagi kalau malam Minggu, full sekali pengunjung," tambah Ica, sebutan akrabnya.

Bahkan kata Ica, tempat wisata tersebut sangat cocok untuk dipakai sebagai tempat camping. Karena selain indah pemandangannya, suhu diatas wisata sangatlah dingin.

"Cocok untuk lakukan camping disana, karena diatas gunung terus pemandangannya juga indah sekali. Terus dingin juga," pungkas Ica.

Pembangunan Wisata Buntu Sumbang

Perlu diketahui bahwa pembangunan wisata Buntu Sumbang Enrekang ini ternyata merupakan inisiatif dari para pemuda Enrekang. Pemuda Emrekang diakui sangat giat dalam membangun pariwisata di kabupaten Enrekang, apalagi kita ketahui bahwa Enrekang merupakan salah satu wilayah yang masih lebat akan keindahan asri alamnya.

“Buntu sumbang mulai dikelola sekitar bulan juni 2017 dan pengelolanya pemuda dikelurahan mataran (pemuda lebok), potensi dan keindahan alam yang ada dibuntu sumbang sangat layak untuk dijadikan sebagai tempat wisata, karena selain menawarkan keindahan hutan pinus yang berjejer rapi, juga dipagi hari kita bisa menikmati sunrise yg muncul dari arah pegunungan latimojong, ungkap alwi lebok. Senin, (7/8/2017) lalu.

Bahkan pembangunan wisata Buntu Sumbang ini juga memperoleh pujian dari Bupati Enrekang yang menjabat pada tahun 2017 silam. Ia mengatakan bahwa sangat nikmat dijadikan tempat perkumpulan bersama masyarakat.

"Luar biasa indahnya Buntu Sumbang, ini adalah aset berharga Enrekang dalam dunia pariwisata. Saya sengaja ingin bermalam disini, karena ingin merasakan sensasi berkumpul bersama masyarakat di alam terbuka," kata Amiruddin, Minggu (17/9) silam.

Kendala Pengunjung

Sudah diakui memang wisata Buntu Sumbang di Enrekang sangatlah kaya akan keindahan panorama alamnya. Namun tak memungkiri ada sedikit kekurangan didalamnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ica, bahwa yang menjadi salah satu kekurangan di Wisata Buntu Sumbang adalah jalanan menuju ke wisata yang kurang memadai.

"Wisatanya indah. Tapi sayangnya jalanannya kurang memadai. Masih bebatuan, jadi kita pengunjung agak kesulitan," tutup Ica.(Dev/Dev)

Sebelumnya
Selanjutnya