Jumat, 05 Februari 2021

Humas Polri : 19 Tersangka Teroris JAD Makassar Anggota FPI


JAKARTA, KNEWS - Kepala Biro Penerangan Masyaraka (Kabiro Penmas) Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan 19 tersangka teroris dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Makassar merupakan anggota Front Pembela Islam (FPI).

Para tersangka teroris itu telah dijemput tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (04/02/21) Siang Kemarin.

 "Semua terlibat atau menjadi anggota FPI di Makassar. Mereka sangat aktif dalam kegiatan FPI di Makassar," ucap Rusdi dalam konferensi pers.

Menurut dirinya, kelompok teroris dari Makassar ini memiliki berbagai rencana yang bisa mengganggu stabilitas serta keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kelompok ini biasanya melakukan aksi bom bunuh diri,” ungkapnya.

Selain itu, Rusdi mengatakan salah satu dari 19 tersangka teroris kelompok Makassar ini merupakan anak pasangan suami istri Rullie Rian Zeke dan Ulfah Handayani. Mereka adalah pelaku bom bunuh diri di Katedral Our Lady of Mount Carmel, Pulau Jolo, Filipina Selatan.

"Kelompok ini mempunyai ke mental untuk melakukan kegiatan-kegiatan bom bunuh diri," ujar Rusdi.

”Dalam penjemputan hari ini, juga ada sembilan tersangka teroris dari Gorontalo. Mereka juga bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan ISIS,” tutupnya. 

Diketahui total ada 26 tersangka teroris yang dijemput Polri hari ini. Mereka akan dipindahkan ke Rutan Mako Brimob di Cikeas.

(Ril/ Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya