Minggu, 21 Februari 2021

TB Care Aisyiyah-Bakrie Foundantion Gelar Pelatihan Relawan Peduli TB


MAKASSAR, KNEWS – Community TB Care Aisyiyah Sulawesi Selatan kerjasama Bakrie Center Fountaion menggelar pelatihan relawan peduli TB di Aula Khittah, Jl. Perintis Kemerdekaan Makassar, Sabtu, (20/2/2021).

Sebanyak 20 relawan dilatih pada kesempatan ini dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kegiatan dilakukan dengan penyajian materi yang meliputi informasi dasar TBC meliputi gejala, ciri-ciri dan pencegahan TBC, serta materi tugas dan peran kader atau relawan TB, dan materi komunikasi efektif.

Koord TB Care Aisyiyah Sulsel, Wahriyadi menjelaskan bahwa pelatihan relawan ini merupakan lanjutan dari pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya, juga sebagai rangkaian dari kegiatan pemberian bantuan asupan gizi dan nutrisi bagi pasien TBC. Hal ini kembali dilakukan untuk memperbanyak relawan guna menjangkau kasus TBC yang lebih besar.

"Sebanyak 20 relawan kita latih kali ini, selain materi mereka bekali dengan buku saku relawan sebagai bekal untuk melakukan tugas pendampinga TB dan penemuan kasus TB baru," katanya.

Pelatihan ini terselanggara berkat kerjasama TB care Aisyiyah dengan Bakrie Fountantion melalui program Lead Indonesia. Adapun narasumber dihadirkan adalah penanggunjawab program TB Dinas Kesehatan Sulsel serta pegiat TB komunitas Makassar.

(Akbar)

Sebelumnya
Selanjutnya