Kamis, 25 Maret 2021

UPT SMPN 1 Suppa Sukses Gelar Workshop AKM


PINRANG, KNEWS - Dalam rangka menyongsong kegiatan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), UPT Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Suppa melaksanakan Workshop di SMPN 1 Suppa, Pinrang, Selasa (23/03/21).

Dengan mengangkat tema "Workshop AKM dan Desain Pengembangan AKM" kegiatan ini berlangsung selama dua hari sejak 22-23 Maret 2021, dimana AKM tersebut menjadi sebuah inovasi program penilaian terbaru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sebagai pengganti UN, AKM ini nantinya menjadi tolok ukur penilaian kualitas pendidikan di Indonesia secara umum dan sekolah secara khusus. Terdapat dua poin penting pada Workshop AKM ini yakni pembuatan soal AKM dan desain pembelajaran secara AKM. 


Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekolah UPT SMPN 1 Suppa, Thasim bahwa Workshop ini sebagai langkah awal sekolah dalam rangka menghadapi Assesmen Nasional nantinya. 

"Juga sebagai ajang Upgrade diri bagi pendidik untuk menambah Ilmu pengetahuan dan pengalaman demi terciptanya pendidikan yang berkualitas di UPT SMP Negeri 1 Suppa," ujar Thasim.

Pemateri pada kegiatan ini, Luli mengatakan AKM dilaksanakan sebagai media bagi guru untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran yang sesuai dengan keadaan dan kemampuannya.

"AKM ini hadir sebagai media bagi para guru untuk mengklasifikasikan Siswa sesuai dengan kebutuhannya. Jadi, Siswa tidak lagi harus di samaratakan hingga menuntut mereka mempelajari hal yang sama satu sama lain. Nantinya, siswa akan belajar sesuai dengan keadaan dan kemampuan dirinya," katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh kepala sekolah dan seluruh guru selaku pendidik di UPT SMP Negeri 1 Suppa juga dihadiri langsung oleh pengawas pembina dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pinrang dan Luli Widyastutii dan Sirajuddin selaku pembawa materi. 

Penulis: Ayu
Editor   : Haeril

Sebelumnya
Selanjutnya