Jumat, 16 April 2021

C.IMC Oleh AR Learning Center Adalah Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Pengkaderan

Oleh : Arisi, S.Pd. (C.PS, C.Mt, C.HTc, C.APT, C.STMI Int’l, C.ET, C.HG.Sch, C.GL, C.Neo.Mg, C.HAP)


OPINI, KNEWS - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju, membuat semua orang berlomba dalam meningkatkan kompetensinya agar tidak ketinggalan zaman. Generasi muda saat ini memiliki peranan penting dalam mengisi pembangunan, oleh karena itu, generasi muda diharapkan mampu menjadi generasi emas pata tahun 2045 sesuai dengan program pemerintah. 

Hal itu menjadi satu keharusan bagi  kaum milineal, karena saat ini persaingan dunia kerja maupun usaha sangat ketat sehingga diperlukan soft skill dan hard skill yang mumpuni. Bagi yang tidak mampu bersaing akan tersisih dari kompetisi yang menyebabkan kehilangan mata pencaharian. Secara tidak langsung manusia saat ini berkompetisi satu dengan yang lain.

Namun saat ini negara kita sedang dilanda Pandemic Covid-19 yang membuat pergerakan kita di batasi, sekolah di tutup, pelatihan secara tatap muka dibatasi dan harus mematuhi protokol kesehatan, yakni menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan pakai sabun, membatasi mobilisasi dan menghindari kerumunan.

AR Learning Center (ALC) hadir sebagai solusi di tengah – tengah pandemic Covid-19 dengan menawarkan sertifikasi non akademik dengan gelar Certified International Millenial Coach (C.IMC) bagi peserta yang dinyatakan lolos ujian sertifikasi.  Pelatihan ini di anggap penting untuk melatih para milenial agar mampu bersaing didunia kerja. Coach adalah profesi keilmuan dari pendidikan, psikologi, bisnis, dan keuangan.

Profesi ini adalah profesi yang mulia karena dapa membantu dan membimbing seseorang  mencapai tujuan hidupnya, dapat juga dijadikan sebagai profesi untuk menambah penghasilan. Coach bisa datang dari berbagai latar belakang. Ia bisa saja datang dari pendidikan psikologi, manajemen, bisnis, keuangan, ekonomi, teknik, dan lain sebagainya.

Mereka umumnya juga memiliki pengalaman kerja yang beragam, termasuk kaum millenial dapat menjadi seorang coach yang handal untuk anak anak muda atau pemimpin muda millenial di kampus ataupun tempat bekerja, sesuai dengan passionnya. Contoh sebagai wirausahawan muda, maka dapat menjadi seorang coach untuk para wirausahawan muda pula. Perkembangan digital saat ini, segmentasi calon coachee tidak hanya klien dari dalam negeri saja, namun bisa diikuti oleh coachee dari luar negeri atau internasional dengan luasnya cakupan era digital saat ini.

Pada tanggal 13-15 April 2021, telah dilakukan pelatihan Certified International Millenial Coach (C.IMC) Batch 1 secara online, dengan peserta dari beberapa daerah di indonesia. Pelatihan ini dibimbing oleh Bapak Andre Hariyanto (C.PS, C.STMI, CF.NLP, C.MST, C.LMA, C.H, C.Ht, C.T CMT-ALC), sekaligus merupakan owner AR Learning Center.

Hal ini menjadi solusi para millenial untuk tetap meningkatkan kompetensi. Saat ini AR Learning Center juga telah terdaftar secara resmi dan memiliki izin beroperasi dalam bidang usaha Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan, yang berlokasi di Yogyakarta.

Pada saat pelatihan berlangsung, Coach Andre Hariyanto menyampaikan materi dengan gaya komunikasi yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta tentang public speaker, cara membentuk kepercayaan diri, kedisplinan, pemecahan masalah pada tantangan yang dihadapi seorang coach, untuk membantu seorang coachee mencapai tujuan, serta berdaya saing memiliki kemampuan coaching secara Nasional maupun Internasional.

Harapannya dengan diadakan pelatihan Certified International Millenial Coach secara online, dapat meningkatkan kompetensi. Sertifikasi ini dapat menunjang karir di dalam pekerjaan khususnya dalam aspek leadership & development. Bagi pemegang gelar non akademik C.IMC diharapkan memiliki kompetensi yang lebih dibandingkan dengan non pemegang sertifikasi C.IMC.

Langkah ini di ambil salah satunya dalam rangka memberikan peluang bagi masyarakat untuk mampu menjadi seorang millenial coach yang handal secara internasional dengan kemudahan aspek digital saat ini.

*Penulis adalah alumni dari Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai Fakultas Tarbiyah dan alumni Universitas Negeri Makassar Fakultas Ilmu Pendidikan. Saat ini berprofesi sebagai ASN (guru sejak tahun 2003) selain itu aktif juga sebagai Pengurus Organisasi seperti Forum Komunikasi Muballigh, BKPRMI, Dewan Masjid Indonesia dan pengurus Cabang Muhammadiyah sebagai ketua Majelis Tabligh.

Sebelumnya
Selanjutnya