Selasa, 24 Agustus 2021

Cara Menjaga Kesehatan Mental Di Saat Pandemi

Sumber Foto : Unair News


ARTIKEL, KNEWS - Pada masa pandemi semua kegiatan di ahlikan di kerjakan dari rumah. Perpindahan kebiasaan secara mendadak dapat membuat gangguan mental muncul. Pentingnya menjaga kesehatan mental pada masa seperti ini sangat di perlukan. 

Menjaga kesehatan fisik memang perlu di lakukan tetapi jangan melupakan menjaga kesehatan mental. Banyaknya tekanan pikiran dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental bagi seseorang. 

Kesehatan mental merupakan keadaan atau kondisi batin yang tenang dan tentram sehingga dapat beraktivitas, bersosialisasi antar sesama dengan baik, serta dapat menikmati hidupnya. Orang yang memiliki kesehatan mental yang baik dapat menghadapi segala tantangan yang di alaminya. 

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental pada masa pandemi, sebagai berikut :

1. Dapat mengatasi stress dengan lebih baik

Cara yang pertama menjaga kesehatan mental pada masa pandemi yaitu dengan dapat mengatasi stress. Banyaknya pikiran dapat membuat gangguan kesehatan mental terganggu (stress), maka dari itu perlunya seseorang untuk tidak terlalu keras menekan pikirannya agar kesehatan mentalnya dapat terjaga dengan baik. 

2. Memiliki kesadaran akan diri sendiri

Cara yang kedua yaitu memiliki kesadaran akan diri sendiri. Perlunya mengenali diri sendiri seperti batas diri, sifat, perilaku, serta hal-hal positif yang dapat membuat mood diri meningkat. Dengan mengenali hal tersebut maka orang tersebut dapat menjaga kesehatan mentalnya dengan baik karena mengetahui batasan-batasan atas dirinya. 

3. Menyelesaikan masalah dengan baik

Cara yang terakhir untuk menjaga kesehatan mental pada masa pandemi yaitu dengan pandai menyelesaikan masalah dengan baik. Dengan hal tersebut dapat membuat pikiran serta mood terkendali sehingga diri tidak mengalami tertekan yang dapat membuat gangguan kesehatan mental kurang baik. Sehingga perlunya seseorang untuk pandai menyelesaikan masalah dengan baik agar kesehatan mental dapat terjaga. 

Nah, itulah beberapa cara agar kita bisa menjaga kesehatan mental pada masa pandemi. Kesehatan mental sangat penting untuk di jaga bukan hanya menjaga kesehatan fisik. 


Inna

Sebelumnya
Selanjutnya