Selasa, 24 Agustus 2021

Makanan sehat yang perlu di konsumsi untuk setiap hari.


 Sumber Foto: Pixels.com


ARTIKEL,KNEWS-Kesadaran bagi masyarakat untuk mengkonsumsi makanan  sehat untuk setiap hari harus ditingkatkan.

Agar tubuh selalu sehat dan bugar, serta kebal penyakit. Kita harus mengkonsumsi makanan yang sehat untuk tubuh.

Konsumsi makanan sehat setiap hari sangat direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Hal ini sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan karena pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari ada banyak ragamnya, contohnya kelompok makanan fungsional. Tak hanya itu, konsumsi makanan sehat dibarengi dengan olahraga rutin juga penting untuk mendukung diet sukses.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, dan kalium, yang sangat baik untuk kesehatan.

2. Buah-buahan

Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Beberapa buah yang populer karena kekayaan nutrisinya adalah: Apel (serat, vitamin C, dan antioksidan), Jeruk (vitamin C), Pisang (kalium), Alpukat (lemak sehat, kalium, dan vitamin C), Beri-berian, seperti blueberry dan strawberry (rendah kalori namun kaya akan antioksidan dan serat)

3. Daging dan telur

Daging merupakan salah satu makanan sehat karena kaya akan nutrisi, terlebih lagi daging sapi tanpa lemak. Daging jenis ini mengandung protein dan zat besi paling tinggi dibandingkan dengan daging jenis lainnya.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan sehat yang sarat akan nutrisi berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya adalah kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen.

5. Ikan dan makanan laut lainnya

Makanan laut merupakan pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

6. Susu

Susu banyak mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas, dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Untuk memproleh nutrisi yang terdapat pada susu, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengonsumsi produk olahannya, seperti keju dan yoghurt.


Irn


Sebelumnya
Selanjutnya