Kamis, 30 September 2021

ANBK SMA Muhammadiyah 6 Berjalan Lancar

MAKASSAR, KNEWS - SMA Muhammadiyah 6 Makassar, melaksanakan  Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), bertempat pada Lab sekolah, kegiatan ini dilaksanakan pada hari, Rabu-Kamis, 29-30 september 2021 dengan 3 sesi dari pukul 7.30 sampai pukul 16.00 waktu setempat.

ANBK adalah  penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur ANBK; literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi

Proktor ANBK yang juga merupakan Waksek Kurikulum SMA Muhammadiyah 6 Makassar,, Nur Rezki Octavia, S.Pd., Gr. menyampakai, diharapkan ANBK ini menjadi jalan solusi bagi sistem pendidikan kita ke depan. Pelajar generasi sekarang memang mengalami penurunan minat baca, mungkin efek media sosial sehingga banyak kalangan pelajar yang sudah enggan membaca buku.

“Alhamdulillah tidak ada kendala selama ujian berlangsung, seperti yang dialami saat simulasi dan gladi bersih kemarin. Semoga hasil ANBK nanti betul-betul nyata tindak lanjutnya untuk meningkatkan daya literasi dan kritis pelajar saat ini,” ungkapnya.

Sementara, Saiful Kaharuddin (Kepala SMA Muhammadiyah 6) mengatakan, semoga usaha yang dilakukan memberikan pelajaran bagi kita semua dan saya berharap kepada pemerinta agar perlu melakukan perbaikan dan peningkatan lagi pelayanan demi suksesnya agenda kita bersama.

“Saya berterimakasih kepada Allah dan tim yang berusaha keras mensukseskan ANBK ini,” kata Saiful.

Akbar

Sebelumnya
Selanjutnya