Senin, 10 Januari 2022

Dakwah Digital Dikalangan Remaja Milenial


OPINI, KNEWS - Saat ini, perkembangan tekhnologi begitu cepat. Hal ini tentu memberikan dampak besar bagi penggunanya, salah satunya remaja. Kaum remaja saat ini hampir tidak bisa lepas dari gadjet. Kapan dan dimanapun gadjet selalu setia di genggamannya. 
       
Saat ini gadget di kalangan remaja tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja tapi sudah multi fungsi. Kamera salah satunya, dapat dimanfaatkan oleh para pengguna gadget untuk mengabadikan momen pribadi, selain itu fasilitas media sosial juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para remaja untuk bersosialisasi atupun menunjukan kreativitas yang mereka punya.

Hampir semua anak remaja sudah memiliki gadget. Siswa yang memiliki gadget sering membawa gadget mereka ke sekolah. Tak jarang mereka menggunakan gadget selama jam sekolah. Kadang mereka tidak memperhatikan pembelajaran yang di berikan oleh gurunya. 

Gadget sendiri memiliki bermacam-macam manfaat seperti: untuk menghitung, mengakses internet, mengirim pesan, bermain games, dan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, instagram, whatsapp dan lain sebagainya. 

Dari situ dapat diambil pengertian bahwa kaum remaja saat ini lebih dekat dengan media internet sehingga mereka kurang menggunakan pikirannnya dalam bertindak. Sehingga kebanyakan dari mereka akan sering kesulitan bila dituntut untuk melakukan pemikiran yang benar-
benar mendalam. 

Seiring dengan perkembangan tekhnologi yang semakin pesat terutama di zaman digital saat ini, membuat para remaja sangat sulit untuk menerima nasehat (dakwah). Ini merupakan tantangan besar bagi para pendakwah (da’i) untuk mengembangkan kreatifitasnya agar lebih menarik dan banyak yang suka. Dengan banyaknya sarana tekhnologi digital seperti web, facebook, youtube dan lain sebagainya. Sehingga para pendakwah dituntut agar lebih kreatif dalam membuat konten dakwah yang akan dimasukkan ke dalam sarana tekhnologi digital tersebut.
         
Dengan kecanggihan media (internet) saat ini, tentu  membuat para remaja lebih mudah dalam menemukan konten dakwah yang mereka suka. Apalagi saat ini banyak bermunculan pendakwah kaum remaja yang memenfaatkan kecanggihan tekhnologi internet untuk menunjukka bakatnya di bidang dakwah.

Da'i milenial dapat menggunakan teknologi dan media modern dalam menunjang keberhasilan dakwah. Dalam berdakwah, da'i milenial tidak hanya sekedar menyampaikan  materi dakwah dalam setiap kegiatan dakwahnya, tetapi juga menjawab problematika masyarakat baik material maupun spiritual. Hal itu dilakukan supaya masyarakat saat ini
semakin meningkatkan kehidupan yang islami sesuai dengan aturan Islam. Kemudahan dalam fasilitas yang disediakan oleh media  menjadi kelebihan 
tersendiri bagi masyarakat milenial khususnya bagi juru dakwah atau para da’i dalam menyampaikan atau membagikan informasi dakwah Islam. 

Oleh karena itu, sebagai pendakwah yang pandai dan kreatif, tentu akan memanfaatkan tekhnologi yang ada untuk menyebarkan pesan-pesan dakwah ke seluruh penjuru dunia. Selain itu pula, mereka juga pasti sudah tahu bagaimana membuat konten yang baik dan dapat di sukai banyak orang.

Penulis : Sunatri
(Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Muhammadiyah Sinjai).

*Tulisan tanggungjawab penulis*

Sebelumnya
Selanjutnya