Sabtu, 05 Februari 2022

Pelepasan Mahasiswa MBKM Praktik Kerja, Kepala Puslatbang KMP LAN RI : Terima Kasih JIAN Fisip Unismuh Makassar


MAKASSAR, KNEWS - Sebanyak 15 mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara (JIAN) Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) secara resmi dilepas dan mengakhiri kegiatan Kampus Merdeka yaitu praktek kerja di kantor Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) LAN RI Makassar, Jumat (4/2/2022).

Praktik kerja ini merupakan kegiatan yang disetarakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar. 

Dekan Fisip Unismuh Makassar, Ihyani Malik mengucapkan terima kasih kepada pihak Puslatbang KMP LAN RI yang telah menerima mahasiswa peserta MBKM Praktik Kerja dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar. 

“Saya mengucapkan terima kasih karena telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa kami untuk magang. Tentunya kami berharap kedepannya Puslatbang KMP LAN RI terus memberikan kesempatan kepada mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar untuk kembali dapat diberi kesempatan praktik kerja di sini," katanya.

Bentuk kegiatan pembelajaran MBKM praktik kerja ini diharapkan semakin menambah relasi prodi Ilmu Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar khususnya terkait dengan kegiatan praktik kerja lapangan mahasiswanya.

Wakil Dekan II Fisip Unismuh Makassar, Nasrul Haq mengakui Praktik Kerja angkatan kali ini adalah untuk pertama kalinya ditempatkan di kantor Puslatbang KMP LAN RI dan merupakan ikhtiar pertama kami di Fakultas dalam mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Alhamdulillah, Jurusan Ilmu Administrasi Negara sebagai salah satu penerima program kerja sama kurikulum dan implementasi Merdeka belajar kampus merdeka tahun 2021. Kami terus berbenah dalam mengimplementasikan program kampus Merdeka ini untuk jembatan masa depan bagi generasi milenial. Mari bergabung bersama kami," kata Nasrul Haq yang juga merupakan Kaprodi jurusan Ilmu Administrasi Negara periode sebelumnya.

Sementara itu kepala Puslatbang KMP LAN RI, Andi Taufik menyampaikan terima kasih dan apresiasinya serta sekaligus menyerahkan sertifikat prestasi dan pelaksanaan kegiatan kepada mahasiswa.

"Hari ini saya sangat senang dan bangga kepada mahasiswa yang telah bersusah payah dengan penuh semangat selama satu semester ini dapat dengan aktif dan kontributif membantu kami di kantor dalam kegiatan magang ini. Semoga mahasiswa kedepannya dapat sukses dan tentunya dapat banyak pengalaman dari kegiatan magang yang mana secara langsung dapat melihat budaya dan kinerja organisasi pembelajar seperti Puslatbang KMP LAN RI ini," ujarnya.

Di lain kesempatan, Busri selaku perwakilan dan koordinator Mahasiswa magang di kantor Puslatbang KMP LAN RI juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak Puslatbang KMP LAN RI yang telah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat belajar dan menambah pengalaman.

"Saya mewakili teman-teman mahasiswa di sini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak puslatbang KMP LAN RI yang telah menerima kami dan dapat kooperatif dalam pelaksanaan kegiatan praktik kerja ini. Permohonan maaf kami ucapkan apabila selama pelaksanaan kegiatan ini terdapat kesalahan baik itu dari segi perilaku maupun dari kinerja mahasiswa selama kegiatan disini. Tentunya kami dapat banyak pengalaman serta ilmu di kantor ini terutama bagaimana melihat kinerja dan budaya birokrasi di sini. Bagaimana ASN didorong untuk melakukan inovasi serta dapat melihat langsung proses bisnis atau tata laksana utama di sini dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan dasar CPNS dan pelatihan teknis revolusi mental ASN," tutup Busri.

Penarikan mahasiswa MBKM Praktik Kerja ini dihadiri Dekan Fisip Unismuh Makassar, Ihyani Malik dan Wakil Dekan II Fisip Unismuh Makassar, Nasrul Haq. 

Sukmayana Wardani

Sebelumnya
Selanjutnya