Sabtu, 26 Februari 2022

Rudianto Lallo Harap Pemprov Dukung Pemkot Makassar Selesaikan Stadion Barombong


MAKASSAR, KNEWS
Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo berharap niat Pemkot untuk menuntaskan Stadion Barombong didukung penuh oleh Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel), selaku pemilik aset bangunan stadion tersebut. Publik pecinta sepakbola akan mempertanyakan sikap Pemprov jika tidak menyambut baik niat Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto itu.

"Saya kira niat baik pemerintah kota memperbaiki Stadion Barombong harus disambut baik bapak gubernur," papar Rudi, Sabtu (26/2/2022)

"Karena kapan pak gubernur tidak menyambut baik, ya justru jadi pertanyaan, tanda tanya. Tapi saya percaya pak gubernur maulah, karena ini demi kepentingan masyarakat Sulawesi Selatan," sambung dia.

Dia berharap Plt Gubernur Sulsel dan Wali Kota Makassar duduk bersama membahas dan meberi solusi atas hal ini. Kebijakan antara dua kepala daerah tersebut diperlukan dengan mempertimbangkan harapan warga yang menginginkan stadion representatif.

"Kita lepaskan ego masing-masing, lalu kemudian dikelola bersama fasilitas publik ini. Semua kan muaranya untuk rakyat Sulsel dan Makassar, supaya ini menjawab autokritik pecinta bola Sulsel yg selama ini ingin ada stadion yang layak," terang legislator Nasdem ini.

Rudi pun tidak mempermasalahkan rencana alokasi anggaran Rp 100 miliar yang disiapkan Danny Pomanto jika kemudian di Stadion Barombong resmi diambil alih. Fasilitas keolahragaan mendesak dihadirkan di Makassar.

"Ada stadion provinsi tapi tidak dimanfaatkan, masih perlu dibenahi. (Kalau) anggaran terbatas di provinsi, Makassar mau menyumbang mau memperbaiki pakai uang (APBD) Makassar, itukan bagus," jelas Rudi.

Anggota DPRD Lainnya Dukung Stadion Barombong Dituntaskan Danny
Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Makassar Adi Rasyid Ali (ARA) juga tidak mempermasalahkan keinginan Danny Pomanto. Selama prosesnya sesuai aturan, pihaknya akan mendukung.

"Semuanya bisa terjadi selama itu ada aturannya. Prinsip kami mensupport hal-hal yang sifatnya positif," singkat legislator Demokrat ini.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Makassar, Andi Suharmika pun merespons positif wacana Pemkot untuk mengambil alih pembangunan Stadion Barombong. Dia berharap ada keputusan terbaik yang diberikan Pemprov Sulsel.

"Fasilitas kota maju seperti Kota Makassar sangat membutuhkan yang namanya stadion. Untuk itu dengan perhatian tersebut, dengan keinginan Wali Kota Makassar, kami sangat mendukung niat itu," papar dia.

Sekretaris Fraksi Golkar ini menegaskan akan mendorong anggaran penuh di APBD Kota Makassar. Jika wacana pengambilalihan Stadion Barombong untuk dilanjutkan Pemkot bisa terwujud, dan diusulkan wali kota penganggarannya di DPRD kemudian.

"Kalau Stadion Barombong itu bisa disesuaikan speknya, sesuai standar internasional, berapa pun anggaran yang diminta pemerintah kota, kami mendukung itu. Karena sesuai harapan warga Makassar hari ini sangat membutuhkan stadion," tegas Andi Suharmika.

Diketahui, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto akan memohon restu Pemprov Sulsel untuk melanjutkan Stadion Barombong. Keinginan itu akan disampaikan lewat surat yang dilayakan kepada Plt Gubernur Sulsel, pekan depan.

"Kita bermohon bahwa kalau tidak keberatan tergantung Provinsi (Sulsel) misalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kita siap membantu," ucap Danny, Kamis (24/2).

(Asrul)

Sebelumnya
Selanjutnya