Sabtu, 11 Juni 2022

Doc Ayam Joper Langka dan mahal, Nurhijaya Sibali : Ancaman gulung tikar untuk para peternak kecil








Gowa Knews - Beberapa bulan akhir akhir ini terjadi kelangkaan suplay bibit Doc ayam kampung super yang sangat berefek pada pelaku usaha ternak ayam kampung super yang ada di kecamatan Bontonompo Kab. Gowa. Sabtu (11/06/2022)

Akhirnya beberapa peternak kecil terancam gulung tikar dengan waktu yang tidak ditentukan lantaran kelangkaan stok bibit ayam kampung tersebut.

Salah satu peternak yang ada di Bontonompo, Nurhijaya sibali mengatakan bahwa para peternak yang ada di daerahnya sangat menyayangkan adanya hal ini.

"Beberapa peternak kecil yang ada diwilayah kami sangat menyayangkan dengan adanya kelangkaan DOC ayam kampung ini lantaran permintaan konsumen mengalami kenaikan yang signifikan," ungkap Jaya akrabnya

Lebih lanjut jaya mengatakan bahwa selain kelangkaan bibit Doc, ikut pula kenaikan harga pakan Ayam.

"Selain bibit Doc ayam kampung ini yang mengalami kelangkaan, harga pakan ayampun mengalami kenaikan yang cukup besar setiap bulannya, hal ini yang sangat berefek pada peternak kecil sepeeti kami yang ada di bontonompo," lanjut jaya pemuda bontonompo itu.

Jaya berharap pemerintah bisa memberikan perhatian bagi para peternak yang ada di wilayahnya.

"Tentunya saya berharap pemerintah baik dari Kabupaten sampai pada tingkat kecamatan bisa memberikan perhatian khusus bagi para peternak dengan melibatkan dinas yang terkait," Tutup Jaya.

Kelangkaan bibit ini diketahui dari para peternak bontonompo karena ketidakstabilan stok telur yang siap di tetas dengan permintaan bibit yang ada di para peternak.

Red

Sebelumnya
Selanjutnya