Kamis, 22 September 2022

DPRD Kota Makassar Launching Aplikasi e-RO'TA Guna Wujudkan Makassar Sombere dan Smart City

MAKASSAR, KNEWS - DPRD dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengelar diskusi publik dengan tema ‘e-RO’TA, Wujudkan Makassar Sombere dan Smart City’ sekaligus melaunching Aplikasi e-Reses Oleh Kita (e-RO’TA) di Hotel Gammara Makassar, Kamis (22/09/2022).

Dalam sambutannya, Dahyal selaku Sekretaris DPRD Kota Makassar mengatakan aplikasi e-RO’TA ini bisa diakses oleh seluruh masyarakat Kota Makassar dalam menyalurkan pokok pikiran (Pokir) anggota dewan melalui aplikasi mobile.

“Jadi kelebihan eRO’TA ini, kita menggunakan satu aplikasi yang mana aplikasi itu bisa akses seluruh masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, reses yang dilakukan oleh anggota dewan dinilai belum bisa menjangkau seluruh masyarakat, karena reses cuma diadakan selama 3 kali dalam satu tahun dan titik pelaksanaannya juga terbatas.

“Sehingga pelibatan masyarakat ini, kurang bisa maksimal. Nah, dengan aplikasi ini maka masyarakat bisa berpartisipasi secara aktif,” jelasnya.

Warga yang tidak bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung saat reses anggota dewan, bisa menyampaikan usulannya melalui aplikasi eRO’TA.

“Contoh misalnya orang di Kecamatan Biringkanaya atau orang di pulau, tanpa mengikuti reses anggota dewan bisa menyampaikan aspirasinya,” tutur Dahyal.

Dahyal juga menambahkan bahwa masyarakat bisa memberikan kritik ataupun saran terhadap aplikasi e-RO’TA ini, demi memberikan yang terbaik.

“Aplikasi ini tidak berhenti sampai disini saja, teman-teman juga bisa memberikan masukan terhadap kekurangan yang ada di aplikasi tersebut,” tambahnya.

Selain itu, mewakili Wali Kota Makassar, Mario Said selaku Asisten 3 Bidang Administrasi Umum mengatakan bahwa aplikasi ini bisa memudahkan bagi masyarakat yang ingin memberikan saran ataupun pendapat kepada anggota DPR terkait kebutuhan dari masyarakat itu sendiri.

“Tentu melalui inovasi e-RO’TA ini masyarakat bisa dengan mudah melalui smartphonenya dapat mengusulkan, memantau, merealisasikan, dan menjadi pokok-pokok pikiran anggota DPR apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Dia juga mengajak media dan pemerhati kebijakan publik untuk melakukan sinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan Kota Makassar yang lebih baik lagi.

“Saya mengajak teman media dan semua pemerhati kebijakan publik untuk bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah atas apa yang bisa dikerjasamakan atau disinergikan dengan Pemerintah Kota Makassar,” ujarnya.(*)

Sebelumnya
Selanjutnya