Senin, 12 Desember 2022

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar sukses menggelar Dialog Kesastraan








Makassar Knews - Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humanioran UIN Alauddin Makassar sukses menggelar Dialog Kesustraaan bertempat di Leacture Theatre Fakultas Adab dan Humanioran, Sabtu (10/12/2022).

Dengan mengangkat tema "Sastra Kota dan Masalah Eksistensi Manusia" diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru untuk peserta yang hadir.

Ketua HMJ BSA, La Ode Jumarlin Darwin mengatakan pelaksanaan dialog ini dilatarbelakangi banyaknya mahasiswa BSA yang kurang paham tentang sastra dan masalah eksistensi manusia. 

“Bahasa sastra Arab itu bukan hanya mengutamakan bahasa saja tapi harus lebih mengutamakan sastra karena salah satu bagian penting dari kehidupan kita,” Ungkap La Ode

Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni Muh Naufal Mahdi, Mahasiswa Magister Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Ma’ruf Nurhalis selaku Ketua Kelas Institut .

Sementara itu salah satu pemateri Muh Naufal Mahdi mengatakan bahwa Karya sastra Makassar memiliki dua representasi, dalam hal ini kenangan terhadap kota dan impian tentang kota yang selalu dinegosiasikan dan diceritakan kembali.

“Bayangan orang tentang Makassar bagi orang asli Makassar itu sebagai kenangan, Sedangkan bagi orang yang datang dari kampung membayangkan Makassar itu seperti di film-film yakni megah, meriah, dan bisa menemukan hiburan di sana,” Ungkap Naufal

Aprilya Adipati Jafar salah satu peserta yang mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, dialog kesusatraan ini sangat bermanfaat karena tidak didapatkan dalam ruang perkuliahan.

“Yang saya dapatkan dari pemateri tadi bahwasanya kota itu bukan hanya sebuah bangunan tetapi ada nyawa di dalamnya. Begitu pula sastra yang akan memberikan nyawa dalam kota itu,” Tutup Adipati

Sukmayana Wardani / Sukmawati

Sebelumnya
Selanjutnya