Senin, 05 Desember 2022

Salah Satu Dosen Unismuh Jadi Pemateri Konferensi Nasional Pendidikan Fisika Bahas Asesmen Berbasis Digital


MAKASSAR, KNEWS - Dosen Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr. Nurlina menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Konferensi Nasional Pendidikan Fisika.

Kegiatan yang digagas Prodi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar dengan tajuk “Optimalisasi Peran Pendidikan Fisika pada Era Society 5.0” ini dilaksanakan Via Zoom Meeting, Sabtu (3/12/2022).

Dr. Nurlina mengambil tema Asesmen Fisika Berbasis Digital, pihaknya menyampaikan bahwa Industri 4.0 dan society 5.0 merupakan momentum perubahan bagi negara berkembang, termasuk Indonesia. Bangsa Indonesia memiliki kesempatan untuk mengejar ketertinggalan dan menjadi negara maju.

“Ilmu fisika yang menjadi ilmu dasar dalam perkembangan teknologi di masa depan, dengan menciptakan teknologi dari mesin-mesin super canggih untuk menunjang berjalannya perkembangan industri yang lebih modern,” tuturnya.

Nurlina juga menyampaikan pentingnya asesmen berbasis digital sebab itulah prosedur dan format kemajuan belajar untuk mengumpulkan informasi, menganalisis dan menafsirkan data tentang proses belajar secara sistematis yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

“Masa kini asesmen tidak lagi dilakukan secara manual oleh para dosen. Teknologi pada akhirnya berperan penting pada semua lini proses pembelajaran termasuk pada proses asesmen,” katanya.

Ia menyampaikan, salah satu aplikasi yang dapat membuat pembelajaran dan proses asesmen lebih menarik dan inovatif adalah Kahoot. Kahoot adalah sebuah website di internet yang dapat menghadirkan suasana kuis yang meriah dan menyenangkan dan dapat diakses di www.kahoot.com.

“Lewat kahoot Dosen dapat memodifikasi sistem asesmen dalam proses perkuliahan sehingga dapat lebih kreatif, inovatif, dan menarik,” tuturnya.

Dengan demikian, Ia berpesan bahwa melalui pembelajaran fisika dan keterampilan abad 21 diharapkan dapat membekali peserta didik untuk lebih siap menjalani kehidupan society 5.0 dengan dukungan teknologi yang canggih. Selain itu, peserta didik juga diharapkan mampu menginisiasi pengembangan teknologi untuk kehidupan bermasyarakat.

Selain Nurlina, pembicara lain yakni Dr. Adam Malik, Kaprodi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara ini diawali dengan pengantar dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Alauddin Dr. A Marjuni.

Kegiatan ini diikuti Dosen, Guru, Praktisi Pendidikan, Mahasiswa dan Peserta Umum Lainnya.

Akbar

Sebelumnya
Selanjutnya