Senin, 13 Maret 2023

Dihadiri Ratusan Peserta, FMDKI bekerjasama MPM UNHAS adakan KARIMAH



KNEWS, MAKASSAR - Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Daerah Makassar bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pecinta Mushalla (UKM LDK MPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) sukses adakan Kajian Ramadhan Ilmiah Muslimah (KARIMAH), Ahad (12/03/23).

Kegiatan yang mengusung tema “Ramadhan the Real Healing (Meraih Ketenangan Jiwa dengan Spirit Takwa)” ini terlaksana di tiga tempat sekaligus, diantaranya di Gedung Science Building Fakultas MIPA, Masjid Al-Ilmi Ikatek Fakultas Teknik, dan Gedung Pertemuan Alumni Unhas yang dihadiri 235 peserta.

Welcoming Speech, Dr. Ir. Nurbaya Busthanul, M.Si. membuka kegiatan dengan harapan peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengamalkan ilmunya.

“Dengan semangat mengikuti kajian ini, diharapkan peserta dapat mengikuti kajian ini dengan semangat dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua,” ungkap dosen Fakultas Pertanian tersebut.

Turut hadir Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas, Hermita Arif, S.E., CIFP., M.Com., CSF. sekaligus membuka kegiatan KARIMAH di titik lainnya. Pada sambutannya yang penuh bahagia, ia tak lupa berpesan agar peserta dapat menjadikan Ramadan sebagai tempat healing terbaik.

"Saya sangat bangga dan mengapresiasi, kalian semua sangat beruntung bisa hadir di kegiatan langka seperti Karimah ini, semoga kita bisa betul-betul menjadikan Ramadhan nanti sebagai tempat healing yang terbaik" Pungkasnya.

Rahma Salama selaku ketua panitia menyampaikan, agenda ini merupakan tempat menuntut ilmu bagi muslimah dan diharapkan menjadi bekal dalam menyambut bulan suci Ramadan.

“Tujuan KARIMAH untuk memberikan ilmu bagaimana kita memaksimalkan bagaimana trik and trik seputar Ramadan, jadi setelah kegiatan ini dapat mengaplikasikan apa yang telah didapatkan dari kegiatan ini,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Nur Fauzi selaku Wakil Ketua II UKM LDK MPM Unhas berharap, seluruh peserta yang hadir dapat Istikamah belajar Islam.

"Berharap melalui kegiatan ini, para muslimah dapat istiqamah dalam memulai belajar Islam secara intensif sehingga kehidupannya dapat terkontrol sesuai syariat," pungkasnya.

KARIMAH ini datangkan narasumber Ustazah Fadliah Djarir dengan materi “It’s Ramadhan Get Real Healing”. Ia menuturkan bahwa the eal healing adalah dengan mengingat Allah, karena dengan itu hati menjadi tentram.

“Menaruh ketenangan hati dengan Ramadan, harapan agar Ramadan nanti akan lebih baik dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

Ustazah A. Liliana Zarkiyah yang membahas “How Ramadhan Heals You" menjelaskan, healing yang sesunggunya tidak harus jauh dan susah, bahkan ada di sekitar kita dan sangat mudah direalisasikan seperti membaca dan mentadabburi Al-Qur’an.

“Healing kita tidak jauh, tidak susah, ada di sekitar kita. Ramadan adalah tempat yang tempat untuk healing,” sahut alumni Universitas Hasanuddin Makassar tersebut.

Antusiasme mahasiswa dari berbagai fakultasnya yang menghadiri kegiatan ini begitu luar biasa dilihat dari peserta yang terus bertambah dan turut meramaikan hingga akhir acara.

Menutup acara ini, pembicara menuntun partisipan untuk sama-sama membacakan doa menyambut Ramadan.

Reporter: Nirmala Sari

Editor: Sinta Kasim

Sebelumnya
Selanjutnya