Selasa, 26 September 2023

Siapa Nippon Koei Yang Ditemui DPRD Kota Makassar di Jepang ?

Dokumentasi DPRD Nippon Koei dan DPRD Kota Makassar


Bunga Rampai DPRD Kota Makassar Ke Jepang

Melalui situs DPRD kota makassar, diinformasikan bahwa pihaknya menghadiri undangan dari Nippon Koei Co., Ltd, Perusahaan konsultan dan teknik No. 1 di Jepang dalam acara "Workshop on Integrated Public Transportation System for Smart City", pada tanggal 19 dan 21 September 2023 di Tokyo, Jepang.

Dalam undangan tersebut Lingkup lokakarya akan difokuskan pada Pemanfaatan Data Besar Seluler, Sistem Pembayaran Terintegrasi, Konsep Kereta Api, dan solusi Kota Cerdas. 

Lokakarya akan dipresentasikan oleh pakar perusahaan tentang topik yang relevan di atas dan diselesaikan dengan sesi diskusi dan kunjungan lapangan terperinci. Mereke pun berharap anggota parlemen dan lembaga pelaksanaan yang relevan dapat menentukan rencana dan perumusan kebijakan transportasi umum yang layak dan tepat.

Selain itu, kami dengan tulus merasa senang dengan hubungan dan kerja sama yang telah dibangun antara Kota Makassar dan Nippon Koei Co., Ltd. dalam beberapa tahun terakhir. Tertulis dalam undangan tersebut tertanggal 24 Agustus 2023.

Sekilas Tentang Nippon Koei

Nippon Koei Co., Ltd. adalah sebuah perusahaan konsultan teknik dan kontraktor konstruksi yang berbasis di Jepang. Perusahaan ini memiliki sejarah yang panjang dalam industri teknik sipil, rekayasa, dan pembangunan infrastruktur. 

Nippon Koei didirikan pada tahun 1946 setahun setelah Indonesia menyatakan diri Kemerdekaaannya dan telah beroperasi selama beberapa dekade. Selama bertahun-tahun, perusahaan ini telah terlibat dalam berbagai proyek infrastruktur besar di Jepang hingga di seluruh dunia.

Nippon Koei menyediakan berbagai layanan konsultan teknik, termasuk perencanaan infrastruktur, desain, manajemen proyek, dan konsultasi teknik. Mereka terlibat dalam berbagai sektor, seperti transportasi, lingkungan, energi, air, dan pembangunan perkotaan.

Perusahaan ini telah terlibat dalam sejumlah proyek internasional di berbagai negara. Mereka terlibat dalam pengembangan infrastruktur, pembangunan sumber daya alam, dan proyek-proyek pembangunan berkelanjutan di berbagai belahan dunia.

Nippon Koei memiliki fokus yang kuat pada keberlanjutan dan berupaya untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam proyek-proyeknya. Mereka berkomitmen untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Nippon Koei aktif menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan di berbagai negara dan terlibat dalam konsorsium internasional untuk melaksanakan proyek-proyek berskala besar.

Perusahaan ini juga berfokus pada inovasi dalam teknologi dan metodologi konstruksi untuk meningkatkan efisiensi proyek dan mengurangi dampak lingkungan.

Sebagai perusahaan konsultan teknik dan kontraktor konstruksi yang besar dan berpengalaman, Nippon Koei telah berperan dalam membantu mengembangkan infrastruktur penting di Jepang dan di seluruh dunia. Mereka memainkan peran penting dalam mendukung pembangunan ekonomi dan sosial, sambil memprioritaskan aspek keberlanjutan dalam pekerjaan mereka.

Dalam deretan informasi soal DPRD Kota Makassar, akankah Nippon Koei bakal mengambil peran di Kota Makassar. Potensi itu memungkinkan adanya karena Makassar dan Sulawesi Selatan baru saja hadir Kereta Api. Atau upaya lain dalam pembangunan Kota Cerdas yang selalu dicanangkan Walikota Makassar, Danny Pomanto dalam istilah Makaverse yang tak lain adalah Makassar Metaverse.

Apa Itu Makaverse Ala Danny Pomanto ? 

Dalam beberapa referensi, Danny Pomanto Walikota Makassar memaparkan apa itu Makassar Kota Metaverse yang disingkat Makaverse. Menurut DP akronim Walikota Makassar Makaverse adalah turunan dari program Sombere Smart City. Konsep yang digaungkan di periode pertamanya jadi wali kota dengan maksud beradaptasi di era industri teknologi tanpa melupakan budaya lokal.

"Tapi dia (Makassar Metaverse) lebih terkini, terbarukan (jika dibandingkan dengan Sombere Smart City)," Ujar DP

Dia mengklaim Makassar Metaverse akan lebih praktis dalam penerapannya. Dengan dukungan teknologi untuk mengakselereasi program.

Danny menjelaskan, Makassar Metaverse atau Makaverse menjadi loncatan menuju kota masa depan. Dengan beradaptasi perkembangan teknologi yang semakin cepat.

Kecepatan pelayanan publik menjadi tujuan yang ingin dicapai lewat Makassar Metaverse. Warga akan diberikan akses lebih mudah lewat platform teknologi virtual reality (VR) atau realitas maya.

Makaverse akan menerapkan konsep realitas maya atau virtual reality (VR). Platform teknologi dalam upaya memberi akses pelayanan publik yang cepat dan mudah.

Virtual reality (VR) atau realitas maya merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna seolah berada di dunia nyata. Namun interaksinya terjadi di alam nyata lewat program simulasi komputer

"Misalnya kita kerja sama dengan penerbangan. Kita siapkan VR di setiap tempat duduk, dia ke Makassar langsung pasang VR-nya mau dimana, mau makan coto di mana," urai dia.

"Contoh pelayanan publik, orang ingin mengecek perizinan yang dia lakukan, dia tidak cek lagi lewat HP-nya. Tapi lewat VR-nya, dimana berkasnya. Begitupun pada promosi pariwisata. Jadi orang bisa merasakan sebelum jadi kenyataan," Ujarnya dikutip dari detik.

Danny menekankan kepada tiap SKPD untuk mendukung penuh Makassar Metaverse atau Makaverse. Tiap perangkat daerah mesti berinovasi demi mempercepat penerapan program ini ke masyarakat.

Secara umum Danny memberikan tiga tugas bagi jajaran SKPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk menuju Makaverse. Salah satunya, mewujudkan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang telah masuk dalam APBD.

Selain itu setiap SKPD harus hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai problem solver baik yang masuk dalam penganggaran maupun yang tidak.

Terakhir, seluruh pihak yang berada di dalam lingkup Sombere Smart City harus mempersiapkan masa depan kota dalam adaptasi menuju Kota Makassar yang lebih unggul di seluruh Indonesia dan dunia.

Bahkan, menurut informasi yang diperoleh Pemkot Makassar telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama WIR Group mewujudkan Makaverse. Sebuah perusahaan berbasis augmented reality terkemuka.

Sebelumnya
Selanjutnya