Sabtu, 05 September 2020

Kunjungan Kerja, Menteri PPN Ke Geopark dan Geosite di Kepulauan Bangka Belitung


BANGKA BELITUNG, KNEWS- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa beserta istri dan rombongan di hari kedua kunjungan kerja di provinsi Kupulauan Bangka Belitung, salah satu agenda  adalah meresmikan Pusat informasi geologi dan meninjau lokasi Geosite. Jum'at, (04/09/2020).

Kegiatan menteri yang pertama ialah mengikuti rapat pemantapan kelembagaan tim koordinasi penataan ruang kawasan perkotaan Jabodetabek – Punjur, melalui video konferensi. 

Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Pusat Informasi Geologi untuk meresmikan pembukaan Pusat Informasi Geologi (PIG) Geopark di Belitung Timur. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti pusat informasi geologi (PIG), oleh menteri Suharso dan di saksikan oleh gubernur dan pejabat daerah provinsi Kepulauan Babel. Keberadaan PIG ini dibangun untuk mendukung pengembangan taman bumi atau geopark di kawasan Pulau Belitung. 

Dalam sambutannya, menteri menghimbau agar Provinsi Babel dapat menjadi contoh dalam merawat kebedaan situs-situs yang ada.

"Saya menghimbau, Belitung harus menjadi contoh bagaimana merawat seluruh situs-situs seperti ini (geopark) sedemikian rupa, sehingga sewaktu-waktu ia bisa terjaga dan dapat dieksplorasi lagi kedepannya," Tegas Suharso

Menteri dan rombongan lalu bertolak ke lokasi Embung Mempayak, Sebagai penutup kegiatan kunjungan kerja di hari kedua, Menteri Suharso mengikuti pertemuan dengan Pemprov Kepulauan Babel, para bupati beserta jajarannya. 

Ada sejumlah tema yang didiskusikan termasuk mengenai potensi perekonomian di provinsi Babel, ditengah pandemi Covid-19. 

“Dari tingkat kasus pandemi Covid-19 dibanding provinsi lain, Provinsi Bangka Belitung kasusnya lebih sedikit dibandingkan provinsi lain, maka harusnya Bangka Belitung jauh lebih bisa untuk menghadapi ekonomi income,” tutupnya.

(Ril/Renaldi

Sebelumnya
Selanjutnya