Sabtu, 24 Oktober 2020

Sarasehan Kepenulisan HMI Cagora Masuk Sesi 4, Peserta Masih Berantusias


GOWA, KNEWS - Sarasehan Kepenulisan yang dilaksanakan oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya kini memasuki hari terakhir via Zoom. Jumat (23/10/2020) 

Sesi terakhir kali ini di isi oleh Muhammad Ridha yang merupakan salah satu alumni UIN Alauddin Makassar dengan materi Menulis Berbasis Riset.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Ridha, mengatakan riset adalah sebuah penelitian masalah yang di kerjakan secara sistematis sehingga mampu menopang suatu tulisan, untuk itu penelitian yang baik harus turun langsung ke lapangan. 

“Meski begitu turun ke lapangan atau tidak tergantung pada kebutuhan data, maka hal tersebut tidak perlu dipersoalkan. Hanya saja, penelitian yang baik semestinya turun ke lapangan.” Ucapnya.

“Jadi penulisan berbasis riset ya seperti itu tidak hanya semata-mata saja, kecuali kalau kita sedang menulis fiksi yang tidak berkaitan dengan pertanggungjawaban keshahihan.” Lanjutnya. 

Menjadi seorang penulis yang berbasis riset haruslah rajin dalam kegiatan wawancara, tidak hanya sekadar mengutip di media online setelah itu di publikasikan lalu tidak di pertanyakan, sehingga tulisan tersebut tidak valid. 

“Jadi penulisan berbasis riset itu semisal ada peristiwa, nah itulah yang merupakan data awal suatu riset.” tutupnya.

Riset juga memiliki metode yakni, metode kualitatif dan kuantitatif. Data-data yang di dapatkan kemudian di kumpulkan lalu di kembangkan.

Sebelumnya
Selanjutnya