Selasa, 11 Agustus 2020

Begini Prediksi Lembaga Riset dan Consultan Politik SSI di Pilwalkot Makassar 2020.


MAKASSAR, KNEWS - Lembaga riset dan consultan politik sprint syndicat Indonesia ( SSI ) memprediksi Pilwalkot Makassar 2020 akan menjadi pertarungan Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi (DP-Fatma) melawan Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan). Irman Yasin Limpo-Zunnun NH dan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando. Makassar, Selasa (11/08/2020).

berdasarkan temuan terbaru di lapangan, hanya dua pasangan calon ( paslon) yang elektabilitasnya sudah di atas angka 30% yaitu Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi (DP-Fatma) melawan Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) sedangkan irman Yasin Limpo-Zunnun NH dan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando masih sulit bersaing karena tingkat keterpilihannya masih sangat rendah.

Direktur sprint syndicat indonesia ( SSI ),  Ismail T SE memaparkan hanya DP-Fatma dan Dilan yang masuk kategori kandidat dengan elektabilitas papan atas. selanjutnya syamsul risal-fadli dengan selisih keduanya hanya berjarak di bawah 10%. Hal itu tentunya menjadi sinyal bahaya karena terbilang sangat rendah untuk seorang mantan wali kota yang kembali maju bertarung . Kondisi itu tambah di perparah dengan trend elektabilitas DP-Fatma yang kenaikannya tidak se signifikan DILAN . Ismail T SE menerangkan bahkan dari ke empat paslon, hanya elektabilitas pasangan ical-fadli itu yang meroket. Ketiga paslon lainnya, ada yang naik sedikit, stagnan bahkan ada yang malah merosot menjelang pesta demokrasi itu pada Desember mendatang.

“Ke empat pasang kandidat yang kami uji, hanya pasangan Ical-Ananda (Dilan) yang tren elektabilitasnya naik tajam. Selanjutnya, Danny-Fatma mengalami kenaikan namun tak signifikan. Munafri-Bando cenderung stagnan dari data sebelumnya,” ungkap Ismail

Ismail juga menyampaikan bahwa pasangan None-Zunnun memang harus bekerja ekstra bila ngotot bertarung pada Pilwalkot Makassar.

"Terakhir None-Zunnun disimulasi elektoral ternyata mengalami penurunan. Dulu di bulan Februari elektabilitas None diatas 15%. Saat ini setelah kami uji berpasangan dengan zunnun, turun drastis hampir menyentuh angka 10% saja," Tambahnya. 

Atas temuan itu, Ismail T .SE mengungkapkan jika keempat paslon itu maju bertarung, maka Pilwalkot Makassar 2020  akan terjadi persaingan ketat empat kadidat. Dp-fatma dan ical-fadli akan menjadi kandidat papan atas. 

“Ya seperti itulah temuan terbaru di lapangan perihal perilaku pemilih soal keterpilihan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Ya patut ditunggu, karena situasi pra-pendaftaran juga masih sangat dinamis,” Tutupnya.

(Ril/Mulyadi)

Sebelumnya
Selanjutnya