Senin, 21 September 2020

Memperingati Hari Perdamaian Dunia, UNHAN Selenggarakan Webinar


BOGOR, KNEWS - Program Studi (Prodi) Damai dan Resolusi Konflik, Fakultas Keamanan Nasional. Universitas Pertahanan( UNHAN) gelar Webinar International Day of Peace (IDP) 2020. 

Kegiatan ini mengusung tema “Identifikasi dan Analisis Potensi Konflik Pilkada 2020 dalam Masa Pandemi: Antisipasi Potensi Konflik Horizontal dan Politisasi Penanganan Covid-19 Dalam Pilkada 2020”.Senin, (21/09/2020) 

Adapun tujuannya untuk memperingati hari perdamaian dunia serta meningkatkan kepedulian mahasiswa S2 Prodi DRK untuk menjaga dan menyerukan budaya damai. Terkhusus pada webinar kali ini membahas terkait dengan budaya damai pilkada.

Pada Webinar kali ini dihadiri oleh Rektor UNHAN Laksamana Madya TNI Dr. A. Octavian, Wakil-Wakil Rektor, seluruh Dekan, sesprodi program Magister Universitas Pertahanan, masyarakat umum, anggota DPR RI, dan 20 organisasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan masyarakat umum. 

Pada kegiatan ini, juga menghadirkan tiga narasumber Nasional yakni. Ir. Hasto Kristiyanto (Politisi, Sekjen PDIP), Mochammad Afifuddin (Anggota Bawaslu RI Divisi Pengawasan dan Sosialisasi) dan Dr. Adriana Elizabeth (Peneliti LIPI).

Selain dari kegiatan webinar ini, ada pula lomba yang diadakan, yaitu World Essay Competition dan IDP Poster Competition yang diikuti oleh 123 peserta mulai dari siswa (i) tingkat SMA hingga Mahasiswa(i) S2 dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Selaku ketua panitia, Dadang Mas Baka mengungkapkan bahwa kegiatan ini kita harapkan dapat membuat kita lebih sadar untuk menjaga perdamaian dan membudayakan perdamaian 

“Kita berharap webinar ini dapat memberikan edukasi dan menyadarkan serta mengajak seluruh masyarakat dari berbagai macam latar belakang untuk membudayakan perdamaian, terkhsus pada Pilkada 2020 nanti apalagi kita berada di tengah pandemi covid-19," tuturnya

Lebih lanjut dia mengatakan "Iya, jadi kita ada lomba juga dan alhamdulillah tadi saat webinar sudah diumumkan pemenangnya, semuanya karya yang masuk luar biasa dan nanti karya yang ada kita akan dokumentasikan menjadi bentuk buku (untuk yang esssay) dan akan dipajang (untuk yang poster)” Ucap Dadang Mas Bakar.

Pada kegiatan Webinar International Day of Peace (IDP) kali ini, diikuti sebanyak 463 peserta yang bergabung, baik melalui via zoom maupun live streaming di youtube, peserta yang bergabung datang dari berbagai latar belakang pendidikan, usia dan demografi. 

(Red)

Sebelumnya
Selanjutnya