Rabu, 14 Oktober 2020

Awas Kanker, Kenali Lebih Dini Jenis Jerawat Payudara Anda

KESEHATAN, KNEWS - Berbagai permasalahan wajah yang sering membuat beberapa orang risih dan tidak percaya diri salah satunya adalah masalah jerawat. Jerawat timbul saat adanya sumbatan pada akar rambut di kulit yang terinfeksi bakteri sehingga terjadi pembengkakan. Biasanya jerawat muncul saat menstruasi, hormon yang tidak stabil akibat stress, lembab dan panas, penggunaan make up serta kebiasaan memencet jerawat. 

Namun kebanyakan orang belum mengetahui bahwa jerawat dapat tumbuh diberbagai belahan tubuh seperti leher, punggung, bahu, dada termasuk dipayudara. Pertumbuhan jerawat yang ada dipayudara sering membuat orang kebingungan karena tidak dapat membedakan antara jerawat dan tumor atau kanker.

Menurut informasi yang diperoleh knews melalui alodokter, sebelumnya penting kiranya kita mengetahui beberapa jenis jerawat yang biasa tumbuh dipermukaan kulit :

  1. Komedo putih, terbentuk ketika bakteri, minyak, dan sel-sel kulit mati terperangkap di dalam pori-pori
  2. Komedo hitam, terjadi ketika folikel rambut tersumbat.
  3. Papula, dapat dikenali dari ciri benjolan berwarna kemerahan.
  4. Pustula, benjolan berwarna kemerahan namun puncaknya tampak putih karena terdapat nanah di dalamnya.
  5. Nodul, tampak besar dan keras serta terasa nyeri.
  6. Kista, hampir sama dengan jerawat pustula yang memiliki nanah di bagian dalam, namun nyeri terasa lebih berat dan tampak di permukaan kulit.

Selain diakibatkan oleh penyebab jerawat secara umum, jerawat di payudara juga dapat diakibatkan oleh penyebab yang spesifik, misalnya jerawat di payudara pada wanita menyusui, yang biasanya merupakan gejala infeksi jamur. 

Meski jerawat dipayudara secara mainstream tidak berbahaya, namun kita mesti mewaspadai jerawat yang tumbuh dipayudara tersebut bisa jadi sebagai gejala tumor atau kanker. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh, tapi sebelumnya perlu mengetahui ciri-ciri jerawat sebagai gejala kanker atau tumor :

  1. Jerawat payudara terasa keras ketika diraba
  2. Jerawat tampak semakin membesar setiap harinya
  3. Payudara terasa sakit 
  4. Perubahan ukuran atau bentuk payudara
  5. Pembengkakan diketiak
  6. Perubahan warna kulit payudara
  7. Perubahan pada puting
  8. Keluarnya cairan dari puting padahal tidak sedang menyusui

Jerawat di payudara dapat diatasi dengan menghindari berbagai penyebab jerawat. Caranya antara lain dengan membersihkan area yang berjerawat dengan sabun berbahan lembut, mengoleskan krim antijerawat, tidak menyentuh jerawat, dan segera mandi saat berkeringat atau setelah berolahraga.

Namun, jika jerawat di payudara terasa tidak biasa atau disertai dengan gejala-gejala lain yang mencurigakan, segera periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan ditangani sedini mungkin.

Penulis : Wa Ode Nurfadilla Andi
Sumber : Alodokter


Sebelumnya
Selanjutnya