Senin, 05 Oktober 2020

HMI CAGORA Kembali Melakukan Aksi di Depan Kapolda Sulsel, Tuntut Tindakan Represif Kepolisian


MAKASSAR, KNEWS - HMI  Cabang Gowa Raya (Cagora) kembali melakukan aksi  demonstrasi dengan tuntutan yang sama, menolak tindakan represif aparat kepolisian terhadap demonstran, di depan Kapolda Sulawesi Selatan, Senin (05/10/2020).

Aksi hari ini akbiat tidak adanya respon dari Kapolda Sulsel pada aksi sebelumnya yang digelar  di Jalan Sultan Alauddin depan Kampus I UIN Alauddin Makassar pada  tanggal 1 Okktober kemarin. 
Dalam orasinya di depan Kapolda Sulsel, Akbar, selaku jendral lapangan mengatakan bahwa tindakan represif yang di lakukan oleh pihak kepolisian terhadap salah satu kader Himpunan Mahasiswa Islam merupakan tindakan yg tidak manusiawi.

"Tindakan represif yang dilakukan oleh pihak kepolisian terhadap salah satu kader Himpunan Mahasiswa Islam merupakan tindakan yg tidak manusiawi," tuturnya.

Lanjut, Akbar menambahkan bahwa tindakan aparat kepolisian membuktikan minimnya pemahaman kepolisian dalam menyikapi aksi demonstrasi.

"Tindakan aparat kepolisian itu membuktikan bahwa minimnya pemahaman aparat kepolisian dalam menyikapi aksi demonstrasi dan juga merupakan bentuk pelanggaran dari aparat kepolisian, sebab telah  kita ketahui bersama bahwa UUD No. 2 Tahun 2002, Kepolisian bertugas untuk mengayomi, melindungi, dan menjaga masyarakat terutama demostran," tambanhnya.

Dalam aksi kedua yang di lakukan di depan Kapolda ini, orator dari komisariat sejajaran menuntut terhadap kapolda untuk mengevaluasi kinerja Plrestabes Makassar, menuntut Polrestabes untuk meminta maaf secara institusi, menuntut kapolda Sulsel memberikan sanksi kepada aparat Kepolisian yang melanggar SOP penanganan demonstran, dan mendesak Kapolda Sulsel laporan pengaduan atas tindakan represif kepada demonstran.

(Ri)

Sebelumnya
Selanjutnya