Selasa, 17 November 2020

Pemasangan Ratusan Baleho ASN Harus Netral Oleh IKDI Mendapat Apresiasi Dari Masyarakat

MAKASSAR, KNEWS - Menjelang pemilihan kepala daerah, lembaga Institut Kausa Demokrasi Indonesia (IKDI) menyebarkan ratusan spanduk dan baleho himbauan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral pada Pilkada 2020. Spanduk dan baleho tersebut tersebar di beberapa titik di Kota Makassar sejak senin malam, (16/11/2020).

Sebelumnya,  tersebar di media sosial dan di masyarakat Kota Makassar terkait banyaknya ASN yang tidak netral dan hal tersebut diduga lakukan oleh oknum pejabat yang mengkampanyekan salah satu Calon Walikota Makassar termasuk rekaman suara yg di duga Sekcam Ujung tanah Andi Syaiful yang mencatut nama Gubernur sulawesi selatan dan PJ walikota Makassar serta Camat Ujung Tanah Andi Unru. Perihal tersebut sangat meresahkan masyarakat Kota Makassar.

Saat dikonfirmasi, Direktur IKDI Hermawan Rahim membetulkan bahwa lembaga independent yang fokus mengawasi proses demokrasi di Indonesia ini telah menyebarkan baleho bertema “ASN Harus Netral” hal tersebut  untuk mengingatkan kepada ASN agar tahu sanksi-sanksi jika terbukti tidak netral, dan masyarakat juga punya kepedulian untuk melaporkan ASN yang tidak netral.

“Yang terpenting adalah ASN mengetahui sanksi - sanksi yang bakal diterima Jika terbukti tidak Netral. Ada ancaman hukuman disiplin tingkat sedang berupa, penundaan kenaikan Gaji berkala selama satu tahun penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun Bagi PNS yang memberikan Dukungan kepada calon kepala daerah/wakil kepala daerah serta ikut terlibat dalam kegiatan yang mengarah kepada kegiatan kampanye," bebernya

Hermawan menambahkan bahwa bagi PNS yang memberikan dukungan kepada pasangan calon kepala daerah dengan menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye serta PNS yang membuat keputusan atau tindakan menguntungkan dan merugikan salah satu calon selama masa kampanye bisa mendapat sanksi berat.

“Beberapa hari kedepan kami akan lapor beberapa oknum ASN yang terindikasi tidak netral, berkas dan buktinya sementara kami siapkan," tutupnya

Adapun Sudirman adalah satu pengendara motor yang berkomentar saat pemasangan spanduk ASN Harus Netral di jalan Boulevard, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar mengatakan sangat mengapresiasi kinerja lembaga atau organisasi yang terus mengawal jalannya pilkada yang jujur adil dan bersih. 

" saya berharap kepada seluruh lembaga independen agar selalu mengawal terlaksananya pilkada sesuai dengan perinsip jujur adil dan bersih, serta menindak tegas oknum  ASN yang diduga tidak netral. Dan memanfaatkan jabatan serta fasilitas umum dalam pilkada serentak september nanti," ujarnya.

(Akila)

Sebelumnya
Selanjutnya