Selasa, 08 Desember 2020

Ini Cara RDS memperkenalkan Sinjai dan Budayanya ke Seluruh Indonesia


SINJAI, KNEWS - Rumah Dongeng Sinjai (RDS) punya cara memperkenalkan Sinjai dan budayanya diseluruh Indonesia melalui Festival Kampung Dongeng diadakan pada bulan September 2020 lalu yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Selasa (8/12/2020).

Dimulai dari lomba cerita rakyat yang diikuti oleh semua provinsi di Indonesia. Cerita rakyat dipilih adalah cerita rakyat yang mengandung salah satu unsur keunikan budaya dan kearifan lokal daerah masing-masing, berupa ranah publik (public domain) seperti mitos, legenda, fabel, dan cerita jenaka dengan materi yang sesuai dengan anak anak.

Syarat dari lomba cerita rakyat tidak mengandung unsur pelecehan, politis atau mempromosikan produk dagang tertentu, tidak bertentangan dengan Pancasila, dan tetap menghargai keragaman dan toleransi.

Sekian banyak peserta, Mirfayani Mirsal, dari Komunitas Rumah Dongeng Sinjai menjadi salah satu pemenang dengan cerita rakyat dari Kecamatab Sinjai Barat yaitu kisah irigasi yang digali oleh seorang perempuan bernama I Balakia. 

"Kami bangga bisa memperkenalkan Sinjai dengan Budayanya melalui cerita rakyatnya,  cerita rakyat Sinjai sangat sedikit yang diketahui oleh daerah lain bahkan oleh masyarakat Sinjai itu sendiri. Semoga dengan kegiatan Festival Budaya ini, Sinjai sudah dikenal juga di seluruh Nusantara," kata Mirfayani Mirsal

Lebih lanjut, Ia juga berharap agar ditahun mendatang ada banyak cerita rakyat dari Sinjai yang bisa dikenal lebih luas oleh daerah lain sehingga budaya Sinjai tidak hilng dan dilupakan

"Semoga di tahun tahun mendatang ada banyak cerita rakyat dari Sinjai yang bisa diketahui oleh daerah lain dan juga masyarakat Sinjai. Kami dari Rumah Dongeng Sinjai berencana untuk membuat lomba cerita rakyat Sinjai dan mengarsipkannya dalam bentuk buku untuk menjadi bekal anak anak Sinjai, sehingga Budaya Sinjai tidak dilupakan dan tidak hilang," harapannya

Diketahui bahwa ada 60 cerita rakyat yang terpilih dan dibuatkan video yang kemudian diputar di channel Youtube Kampung Dongeng melalui link dibawah ini https://youtu.be/x6vsLJ7To8I.


(Fikar)

Sebelumnya
Selanjutnya