Kamis, 24 Desember 2020

Nasi Telah Menjadi Bubur, Kecupuan ?


OPINI, KNEWS - Orang yang pemalu cenderung menjaga jarak dari orang-orang di sekitarnya. Sangat enggan dan menghindar interaksi sosial kapan pun dan dimanapun dia berada. Selalu merasa minder, tak percaya diri bahkan ditatap saja Dia enggan. 

Tak mau melakukan hal-hal yang sebenarnya baik untuk dirinya sendiri dan menata masa depan yang lebih cerah pun enggan.
Perlu diketahui bahwasanya orang pemalu memiliki hal yang berbeda dengan orang introver.

Jika orang introver merupakan orang yang butuh ruang untuk mengisi energinya sedangkan orang pemalu ditinjau dari sesosok manusia yang bener-bener segan melakukan sesuatu yah ciri khasnya  memiliki rasa takut yang secara berlebihan dan rasa percaya diri yang sangat minim.

Orang pemalu yang seperti ini biasanya  punya rasa takut dihakimi atau dipojokkan oleh orang lain.Jantung akan berdetak kencang seakan mau copot, muncul keringat dingin, pikiran tak karuann, sekujur tubuh terasa gemetaran, ataukah wajah yang memerah saat ada orang yang mendekatinya. Perasaan menyesal dan malu karna tidak bisa menjadi orang seperti yang lain terus enggerogoti, namun tak bisa berhenti dari keterpurukan itu. 

Seperti yang diketahui orang yang punya sikap pemalu yang ekstrem biasanya akan disertai dengan gejala-gejala fisik seperti yang telah di sebutkan pada coretan paragraf diatas. Sebagai faktor yang bisa mempengaruhi tingkat rasa malu yang kita rasakan saat masi kecil sampai menginjak umur yang sudah tergolong dewasa. 

Dengan kata lain, bila kedua orang tua kita pemalu maka ada kemungkinan kita juga pemalu. Tapi tenang saja, ada kabar baiknya.
Pengaruh genetik ini bukan berarti tidak dapat diperbaiki. Kita masih bisa memperbaiki diri untuk tidak menjadi pribadi yang terlalu pemalu mesti mendapat gen dari orangtua atau keluarga yang pemalu. 

Kenali pemicu situasi atau kondisi yang kerap membuat kita merasa malu karna kita kita tak selalu menjadi kepribadian pemalu setiap waktu. Yah, ada kondisi atau situasi yang masih bisa membuat kita berada di zona nyaman. 

Buatlah daftar situasi-situasi sosial yang membuat kita merasa cemas dan membuat kita malu kemudian  cobalah atasi satu persatu. Bisa dimulai dari langkah-langkah paling kecil dan sederhana. Langkah yang bisa kita mulai adalah berusaha membangun motivasi dari diri sendiri, belajar untuk bangkit dari hal yang membuatmu semakin terpuruk.

Selanjutnya langkah yang bisa kita lakukan seperti membangun percakapan dengan oarang yang baru dikebla, bisa dimulai dengan menanyakkan kesibukan atau hal-hal yang membuat anda nyaman dalam artian tidak menanyakan hal yang membuat orang tersebut tersinggung.

Dengan membangun kebiasaan-kebiasaan baru dan mencoba mendapatkan pengalaman-pengalaman berbeda, sikap pemalu(cupu) bisa berlahan akan luntur. Satu hal yang tak kalah penting adalah tetap semangat, jangan lupa senyum hari ini karna gesekan senyumanmu mampu membuat dunia orang sekitarmu menjadi indah.

Penulis: Hufriani Mappatoba Daeng Tawero
(Pengurus Karang Taruna Cemerlang Desa Bongki Lengkese)

*Tulisan tanggung jawab penuh penulis*

Sebelumnya
Selanjutnya