Kamis, 17 Desember 2020

Workshop Penguatan TBM di SKB Sinjai, Andi Jefrianto: Pengelola TBM Harus Kreatif dan Inovatif


SINJAI, KNEWS -  Workshop Penguatan Taman Baca Masyarakat (TBM) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Sinjai merupakan bantuan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus ( PMPK ). 

Dana workshop ini bersumber dari bantuan  pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan dana bantuan Pemerintah yang bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat PMPK tahun anggaran 2020.

Kegiatan Workshop ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Andi Jefrianto dimana dalam sambutannya mengatakan bahwa pengelola TBM harus kreatif dan inovatif untuk bisa menjadikan TBM sebagai pusat informasi dan belajar masyarakat di sekitarnya.

"TBM tidak hanya menjadi tempat pajang buku, tapi bisa dimanfaatkan sebagai tempat belajar, rekreasi, riset, bahkan membuat usaha serta pengelola TBM harus cakap, cerdas dan inovatif," ujarnya, Kamis (17/12/20). 

Sementara itu, Ketua Wilayah Forum TBM Sul-Sel l, Darmawan Denassa dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Kabupaten Sinjai menjadi salah satu dari 10 Kab/Kota di Indonesia yang mendapat bantuan workshop.

"Yang mendapat bantuan workshop ini hanya ada 10 kab/kota di Indonesia, dan salah satunya adalah Kab.Sinjai," ungkapnya.

"Kira harus berbangga karena SKB Kabupaten Sinjai menjadi salah satunya yang mendapatkan, serta salah satu indikator SKB - Sinjai mendapatkannya adalah karena aktifnya PD-Forum TBM Sinjai melakukan kegiatan yang berkolaborasi bersama beberapa pihak terkait dan terjalinnya koordinasi antara PD Forum TBM bersama Pengurus Pusat Forum TBM dan Direktorat PMPK," sambungnya.

Kepala SKB - Sinjai, Arifin Budi berharap agar dengan adanya bantuan kegiatan workshop ini mampu menciptakan pengelola dan pegiat literasi yang berkualitas dan handle dalam mengelola TBM.

"Semoga dengan adanya bantuan berupa kegiatan workshop penguatan TBM di SKB mampu menciptakan pengelola dan pegiat literasi yang berkualitas dan handal dalam mengelola TBM," harapnya.

Dimana dalam kegiatan Workshop Penguatan TBM dihadiri oleh Ketua PD FTBM SINJAI sebagai pendamping dan Pemateri dalam kegiatan selama 7 hari ke depan.

(Akila)

Sebelumnya
Selanjutnya