Minggu, 31 Januari 2021

Bangga, Mahasiswa UM Bulukumba Berhasil Membuat Produk dari Pelepah Pisang


BULUKUMBA, KNEWS - Sebagai generasi muda kita harus menjadi sesorang yang kreatif dan inovatif. Hal ini yang menjadi motivasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Bulukumba sehingga berhasil membuat inovasi baru dengan membuat produk dari pelepah pisang.

Pada zaman sekarang usaha kuliner sangat banyak diminati oleh para wirausahawan yang ingin membuka usaha baru, karena sebagai wirausahawan yang sukses tidak hanya butuh modal saja namun juga harus memliki strategi dan dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan cara membaca kebutuhan masyarakat sekitar.

Makanan dan jajanan di Indonesia sangat beragam dan soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Namun, hanya sedikit jajanan yang sehat. 

Untuk menjadi  wirausahawan yang cerdas kita harus pintar mengolah makanan supaya menjadi jajanan yang sehat namun tetap  digemari oleh masyarakat sekitar. 

Seperti yang dilakukan mahasiswa Univeristas Muhammadiyah Bulukumba ini yang membuat produk terbaru untuk memenuhi kebutuhan mata kuliah kewirausahaan yang menuntut untuk membuat sebuah produk yang dapat dipasarkan, namun siapa sangka produk yang ia hasilkan dengan kelompoknya mendapatkan respon positif oleh lingkungan sekitar.

Mahasiswa-mahasiswa tersebut bernama Mutiara, Khusnul Hatimah,  dan Nursyamsi. Mereka memberi nama produknya dengan nama Keripik Pelpi (Pelepah Pisang) dengan berbahan dasar pelepah pisang itu sendiri.

Yuliartati selaku Dosen Kewirausahaan UM Bulukumpa mengutarakan adanya mata kuliah ini bisa memberikan motivasi dalam berwirausaha.

"Adanya mata kuliah Kewirausahaan dimaksudkan untuk menambah wawasan mahasiswa terhadap dunia kewirausahaan serta memotivasi mereka untuk ikut terlibat langsung dalam dunia wirausaha sebagai wirausahawan muda yang tangguh, sehingga mereka dapat ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian negara Indonesia, Mutiara dan teman-temannya mampu membuat produk yang mampu bersaing dan mereka sangat kreatif," kata Yuliartati

Dia juga mengutarakan dengan adanya Mahasiswa yang berprestasi ini, besar harapan  bisa membesarkan nama Kampus.

"Semoga mereka mampu menjadi wirausahawan muda dan mampu membawa nama kampus dengan baik kepada masyarakat dengan produk yang telah ia buat," ungkap Yuliartati, Ahad (31/1/21).

Mutiara salah satu penemu ide kreatif tersebut menjabarkan, Pelepah Pisang merupakan bahan dasar untuk pembuatan Keripik Pelpi ini. Pelapah pisang memiliki vitamin yang tinggi dan juga banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh kita. Usaha ini merupakan sebuah usaha yang baru di Kabupaten Bulukumba yang diciptakan oleh mahasiswa UM Bulukumba yang berasal dari prodi pendidikan bahasa Indonesia.

"Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Seperti keripik tempe, keripik pisang, keripik singkong, dan lain-lain, Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk  yang sudah ada yaitu dengan meluncurkan sebuah inovasi ”Keripik Pelpi” yang rasanya enak, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis tanpa bahan pengawet. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran," ucap Mutiara.

(Akbar)

Sebelumnya
Selanjutnya