Kamis, 21 Januari 2021

Medis MDMC Sulsel dari FK Unismuh Buka Posko Pelayanan Kesehatan di Sulbar


MAMUJU, KNEWS - Relawan medis Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sulawesi Selatan dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh Makassar membuka posko pelayanan kesehatan untuk korban gempa di Sulawesi Barat.

Relawan medis, dr Rifqi Ismulail menyampaikan, standar operasional prosedur yang ia laksanakan adalah setiap warga baik anak-anak, dewasa maupun lansia melakukan cuci tangan pakai sabun dan dibagikan masker sebelum dilakukan pendataan, anamnesis dan pemeriksaan fisis.

“Tak lupa kita bagikan vitamin, minyak telon dan minyak kayu putih bagi warga yang membutuhkan,” kata Rifqi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/1/21).

Relawan Medis MDMC Sulsel yang bertugas adalah dr. Rifqi bersama dokter muda Sadikin, Wahyudi dan Baso. Tim medis ini akan dilakukan rolling setiap pekan.

“Setelah kami melakukan assement di Lokasi pengungsian, ada puluhan warga yang kami dapatkan mayoritas di pengungsian mengeluh batuk, pusing dan nyeri kepala,” tukasnya.

Untuk itu, tambahnya, ia memberikan obat-obatan simtomatis dan vitamin untuk daya tahan tubuh, serta minyak kayu putih, dan susu untuk anak anak.

“Tak lupa kita edukasi untuk menjaga protokoler kesehatan dan segera ke Rumah Sakit jika perlu rawat inap,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya hadir sebagai bentuk kepedulian dan keperihatinan kepada korban gempa Sulbar.

"Semoga kehadiran kami bisa memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan tentu bermanfaat dan berkah bagi kita semua," tuturnya.

(Akbar)

Sebelumnya
Selanjutnya