Jumat, 01 Januari 2021

Tahun 2020 Ujian Terberat, ASA : Kita Bersyukur Mampu Melewati Tantangan


SINJAI, KNEWS - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA)  menyatakan tahun 2020 merupakan masa ujian dan tantangan yang teramat berat. Hal ini mengingat pandemi Covid-19 menyerang Indonesia termasuk Kabupaten Sinjai yang hampir melumpuhkan semua sendi-sendi kehidupan. 

Bupati ASA menceritakan,  memasuki awal tahun 2020 lalu,  Pemerintah Kabupaten Sinjai memiliki semangat menggebu-gebu dan tekad yang kuat ingin melakukan pembangunan di berbagai bidang sesuai dengan rencana yang telah disusun, akan tetapi Allah berkehendak lain,  di bulan maret muncul penyakit Covid-19 sehingga sebagian besar ptogram yang telah direncanakan tertunda. 

"Usai peringatan Hari Jadi Sinjai,  kita dilanda musibah dengan adanya Covid-19, saat itu Pemerintah Daerah diminta membentuk Satgas penanganan Covid-19, dimana Satgas ini bertugas menghimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas warga. Saya belajar banyak dari kejadian ini, Selaku Pemda ini bagaikan ujian besar dimana kita dituntut semampu kita bisa melaksanakan kegiatan sesuai apa yang kita milik dan regulasi yang ada," kata ASA saat menghadiri dzikir dan doa bersama di Masjid Islamic Center Sinjai,  Kamis malam (31/12/20).

Meski demikian,  Lulusan Magister Monash University, Australia ini tetap merasa bersyukur karena bisa melewati segala tantangan tersebut drngan baik serta melakukan berbagai pembangunan yang daerah lain tidak bisa laksanakan,  ini semua tidak lepas dari doa seluruh pihak. 

Pembagian bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 juga berjalan baik dan dinikmati masyarakat sehingga perekonomian di Sinjai masih tetap berjalan. 

Selain itu,  berdasarkan data dari BPS,  tingkat kemiskinan di Sinjai di tahun 2020 mengalami penurunan hingga 9 persen.  Capaian ini kata ASA patut kita syukuri sebab itu berarti program yang dilaksanakan selama ini dilaksanakan telah dirasakan dan menyentuh masyarakat. 

Namun demikian,  pihaknya tidak memungkiri masih banyak kekurangan,  baik dalam hal koordinasi antar instansi, diri pribadi maupun dalam hal lainnya.  Kekurangan ini sifatnya manusiawi dan Bupati berharap di awal tahun 2021 ini bisa menjadi renungan agar segala kekurangan bisa diatasi. 

"Sebagai Kepala Daerah, saya menyadari banyak harapan, keinginan dan impian masyarakat yang belum terwujud. Baik di bidang infrastruktur, peningkatakan sumberdaya manusia, kesehatan, pendidikan maupun bidang lainnya. Atas harapan yang belum kesampaian ini saya mohon maaf setulus-tulusnya," tuturnya. 

Bupati ASA berharap diawal tahun 2021 menjadi tahun pelecut semangat bagi seluruh pihak untuk meningkatkan kinerja dalam mewujudkan harapan, keinginan dan impian sesuai dengan program yang sudah direncanakan. 

(Red)

Sebelumnya
Selanjutnya