Kamis, 11 Februari 2021

Dibalik Proses Pembangunan Stadion Mattoanging Makassar


MAKASSAR, KNEWS - Tahapan pembangunan Stadion Mattoanging yang berlokasi di Jl. Cendrawasih No.200-202, Mario, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan hingga saat ini terus berjalan 

Pembangunan Stadion Mattoanging ini menghabiskan anggaran yang cukup besar. Anggaran yang dibutuhkan dalam proses pembangunan dipastikan senilai Rp. 1,1 Triliun yang bersumber dari APBD Sulsel tahun 2021 serta dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan telah disetujui oleh DPRD Sulsel

Diketahui untuk transparansi proyek untuk pengawasan dan pendampingan bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP-RI), Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Inspektorat Sulsel, Dinas PUTR, serta unsur lainnya. Setiap dokumen pembangunan yang selesai sudah diaudit dengan ketentuan yang ada. 

Sementara itu, pada 2020 seluruh dokumen telah dilengkapi , yaitu Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH), Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), Analisis Dampak Lalu Lintas (AMDALALIN), Audit Fisik, Pembongkaran Stadion, hingga terakhir Detail Engineerinf Design (DED). 

Tersisa 2 tahapan yang akan di lewati. Saat ini Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel sementara menyelesaikan tahapan proses Manajemen Konstruksi (MK) yang dalam waktu dekat ini sudah ditayangkan tendernya. Fungsi MK adalah mereview dan mengawasi perencanaan dan pembangunan nantinya. Setelah itu menuju tahap terakhir yaitu lelang konstruksi, menentukan kontraktor yang akan membangun Stadion Mattoanging. 

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan pembangunan Stadion Mattoanging ditargetkan akan selesai pada tahun 2022.

"Kami ingin menjaga proyek ini clean and clear, mengikuti seluruh aturan hukum yang ada, hingga pada akhirnya kita bisa mencegah resiko-resiko dalam pelaksanaan pembangunan nantinya. Proyek ini kerjakan secara Multiyers sehingga target selesai pada tahun 2022," ungkapnya.

Ia juga berharap do'a dan dukungan dari segenap pihak.

"Kami mengharapkan do'a dan dukungan segenap pihak agar pembangunan Stadion Mattoanging berjalan lancar, sehingga Sulsel dapat segera memiliki stadion bertaraf internasional," tulisnya di social media. Kamis (11/02/21).

(Wiwi)

Sebelumnya
Selanjutnya