Rabu, 10 Februari 2021

Kembali, KKB Bakar Tower BST Milik Telkom di Papua


PAPUA, KNEWS - Untuk kedua kalinya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar Tower Base Transceiver Station (BTS) 5 milik Telkom yang dioperasikan oleh PT Palapa Ring Timur Telematika di Perbukitan Duagi Wilayah Muara Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Rabu (10/02/21).

Dari informasi yang diterima bahwa tindakan keji ini jelas-jelas mematikan jalur komunikasi di wilayah tersebut dan merugikan masyarakat karena terputusnya jalur komunikasi yang dimanfaatkan masyarakat di distrik Ilaga Kabupaten Puncak Jaya. 

Hal itu diungkapkan oleh Teknisi PT Palapa, Sely Danda pada Senin, (08/02/) sekitar pukul 10 pagi dirinya ditelepon oleh Josea Hagabal, Kepala Kampung Toegi yang didampingi 1 orang anggota KKB Kasar Waker mengabarkan bahwa BTS 5 kembali dibakar, padahal BTS tersebut dalam tahap perbaikan, akibat dibakar KKB awal Januari lalu.

Anggota KKB juga meminta uang jaminan keamanan senilai 1milyar.

"Terkait dana yang diminta 1 Milyar kami baru menyanggupi 40 juta dari 80 juta yang sudah disepakati dan kami serahkan melalui bapak kepala kampung Toegi," ujarnya.

Sementara itu, Menurut Sely Danda bahwa pihak KKB Puncak Jaya tidak menghendaki aktifitas apapun yang menggunakan Helikopter.

"Helikopter digunakan untuk mengangkut material tower keatas bukit mengingat medan yang cukup berat, mungkin anggapan mereka untuk mendrop pasukan untuk mengejar KKB," ucapnya.

Selain itu, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal membenarkan adanya informasi tentang pembakaran itu. 

“Sedang didalami kebenarannya oleh pihak Kepolisian, termasuk kemungkinan adanya keterlibatan KKB dan pihak tidak bertanggungjawab lainnya yang memanfaatkan situasi ini,” ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan, Bupati Puncak Willem Wandik belum bisa dimintai keterangan terkait hal pembakaran tower tersebut.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya