Kamis, 25 Februari 2021

Kodim 1801/Manokwari Sulap Lahan Kosong Jadi Kolam Ikan Lele

 
PAPUA BARAT, KNEWS - Ditengah Pandemi Covid19 yang masih mewabah sampai saat ini dan merusak sendi-sendi perekonomian masyarakat, hal tersebut tidak menyurutkan semangat anggota Kodim 1801/Manokwari untuk tetap berkarya dengan cara memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya ikan lele di Makodim 1801/Manokwari, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Dari informasi yang diterima dimana dalam pelaksanaannya anggota Kodim 1801/Manokwari yang dipimpin langsung oleh Perwira Seksi Logistik, Mayor Inf Irwan Suwarna dengan semangat dan kompak dalam pembuatan kolam ikan lele dengan sistem bioflok (Kolam berbahan terpal). Kolam ikan lele yang dibuatkan oleh prajurit tersebut sebanyak 6 buah kolam dan bibit lele yang akan dimasukkan perdana 25.000 bibit lele dan akan dikembangkan sampai 50.000 bibit lele.

Pembuatan kolam dengan sistem bioflok ini tidak memerlukan lahan yang luas untuk budidaya ikan lele. Cukup kolam buatan menggunakan bahan kayu dan terpal, namun harus memperhatikan kualitas air, pakan ikan yang baik dan teratur untuk bisa memperoleh hasil budidaya ikan lele yang baik dan maksimal.

Hal itu disampaikan oleh Mayor Inf Irwan Suwarna bahwa ide budidaya ikan lele ini merupakan inisiatif Dandim 1801/Manokwari dalam rangka memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kodim 1801/Manokwari pada masa pandemi covid-19 ini.

"Sebab Kegiatan yang dilakukan oleh prajurit Kodim 1801/Manokwari bisa di jadikan contoh kepada masyarakat di wilayah binaannya dalam menyukseskan program ketahanan pangan yang sudah diprogramkan oleh pemerintah," ungkapnya, Kamis (25/02/21).

"Apalagi dimasa pendemi covid-19 saat ini, ketahanan pangan adalah menjadi pilihan yang sangat tepat dapat menghadapi wabah yang belum tahu sampai kapan akan berakhir," sambung Mayor Inf Irwan Suwarna.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya