Rabu, 10 Februari 2021

Lahirkan Kader Militan, Kompas Adakan Diklatsar


GOWA, KNEWS - Pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) 4 Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam Selaras (Kompas) berlangsung di Perumahan Patri Abdullah Lorong 5, Samata, Kabupaten Gowa, Rabu (10/02/21).

Dengan mengusung tema "Melahirkan Kader-kader Yang Loyal, Militan dan Menjunjung Tinggi Kode Etik Pecinta Alam" Diklatsar 4 ini dibuka langsung oleh Muhammad Asrul selaku Dewan Pendiri.

Muhammad Asrul dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan beberapa pandangan terkait proses perkaderan Diksar yang menurutnya harus didorong untuk tidak hanya sekedar melakukan proses transformasi pengetahuan tetapi juga menghadirkan keteladanan.

"Perkaderan Diksar sejatinya harus dimaknai dalam spketrum yang lebih luas. Dalam setiap proses Perkaderan maka yang dikedepankan bukan hanya sekedar transformasi Pengetahuan tetapi juga menghadirkan keteladanan didalamnya," ucapnya.

Dirinya juga menuturkan bahwa sesuai amanat Pendirian Kompas yang diperuntukkan tidak hanya sekedar kegiatan Adventuring, tetapi juga sebagai Organisasi Edukasi dan Advokasi, maka sudah menjadi komitmen bagi Setiap Kader Kompas untuk terlibat aktif dalam kegiatan pendampingan dan pelestarian lingkungan hidup.

"Kompas lahir karena di dalamnya kita punya hobby yang sama beraktivitas di lapangan. Tetapi perlu dipahami bahwa Kompas dilahirkan bukan hanya sekadar mendaki, jalan-jalan di hutan, tetapi berkomitmen dalam kegiatan edukasi dan advokasi pelestarian lingkungan dengan berbagai pendekatan di lapangan. Komitmen itu termuat dalam trilogi Perkaderan Kompas sebagai bagian integral Konstitusi Kompas," tutur Asrul.

Sementara itu, Ketua Panitia, Hamka mengucapkan agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

"Kegiatan ini meskipun tidak sesempurna yang kami inginkan akan tetapi semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum yang diwakili oleh Haeril Anwar menyampaikan harapannya semoga kegiatan bisa menciptakan kader berdasarkan tema yang diangkat.

"Semoga dengan kegiatan diklatsar 4 ini mampu melahirkan kader-kader yang militan dan loyal untuk Kompas kedepan," harapnya.

Diketahui kegiatan ini dihadiri 3 orang peserta dan berlangsung sampai tanggal 25 Februari 2021.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya