Jumat, 26 Februari 2021

Taman Baca Kampoeng Lamatti Dorong Semangat Literasi Anak-anak


SINJAI, KNEWS - Taman Baca Kampoeng Lamatti yang merupakan binaan dari Karang Taruna Lamatti Rilau mengadakan kegiatan Literasi di Teras Baca TK/TPA Abu Hurairah Lingkungan Onrong Datu, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (25/02/21).

Dengan mengundang layanan Perpustakaan dan Dongeng Keliling Kabupaten Sinjai untuk hadir dalam kegiatan literasi tersebut. 

Terdapat beberapa agenda dalam kegiatan ini diantaranya nyanyi bersama, mendongeng, membaca buku dan apresiasi kepada anak-anak yang tampil untuk membaca buku. 

Ketua Bidang Pendidikan Karang Taruna Lamatti Rilau yang sekaligus Pengelola Taman Baca Kampoeng Lamatti, Muhsin mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menumbuhkan keceriaan dan semangat membaca bagi anak-anak.

"Kita berharap dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan keceriaan dan semangat membaca bagi anak-anak ini terlihat dari Antusias dari anak-anak lingkungan onrong datu yang hadir cukup banyak dan luar biasa, apalagi selama Pandemi ini adalah yang pertama kali diadakan," ucapnya.

Selain itu, Pengurus TK/TPA Abu Hurairah, Nurlaela berharap agar kegiatan ini dapat berlanjut.

"Kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini perlu lebih digalakkan sehingga tidak ada seorang pun di daerah Lamatti yang tidak mengenal gerakan literasi teutama dikalangan anak-anak," harapnya.

Sementara itu, Mirfayani Mirsal dari Rumah Dongeng Sinjai mengatakan Program Pusdongkel adalah program layanan perpustakaan dan Dongeng keliling yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bermitra dengan Rumah Dongeng Sinjai. 

"Program ini dimulai sejak Januari 2019, yang bertujuan menarik perhatian dan minat baca dikalangan anak anak. Dongeng menjadi salah satu caranya. Selain itu dongeng juga bisa membuat anak anak berimajinasi dan berfikir cerdas dan kritis," ungkap Kak Yani sapaan akrabnya. 

Dengan bekerjasama beberapa pihak sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik diantaranya Rumah Dongeng Sinjai (Mirfayani Mirsal), Penyuluh Agama Kelurahan Lamatti Rilau Kecamatan Sinjai Utara (Kamriana), Mahasiswa KKN-P IAIM Sinjai dan Pembina TK/TPA Abu Hurairah (Nurlaela) yang juga sebagai guru MTs Negeri Panreng serta Pengurus TK/TPA Abu Hurairah. 

Adapun yang turut hadir dalam kesempatan ini adalah Kasi Layanan Jusri, Kasi Promosi Perpustakaan Andi Zainal, Kasi Jaringan dan TIK Kurnia.

Penulis: Akila
Editor   : Haeril

Sebelumnya
Selanjutnya