Rabu, 31 Maret 2021

FKM Unhas Gelar Sosialiasi Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan di Sinjai


SINJAI, KNEWS - Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar sosialiasi pendampingan tata kelola program kesehatan di Ruang pertemuan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Akbar, Rabu (31/03/21)

Ketua Tim Pendamping FKM Unhas, Wahiduddin mengatakan bahwa kegiatan tersebut diiniasi oleh kementrian kesehatan untuk mendampingi dinas dalam mengelola program kesehatan di Sinjai.

"Kegiatan ini diinisiasi oleh Kemenkes bekerjasama dengan FKM Unhas untuk melakukan pendampingan pada dinas kesehatan Sinjai dalam tata kelola program kesehatan," katanya.

Lebih lanjut, Dirinya menyampaikan tujuan kegiatan  tersebut adalah untuk mendampingi tim perencana Dinkes dalam menyusun Rencana Kerja (Renja) pada Oktober tahun 2022.

"Kegiatan ini nantinya akan dilakukan hingga oktober mendatang, kita juga akan melakukan transfer knowledge kepada tim perencana," ungkapnya.

Dengan begitu, ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, sosilisasi, FGD tim perencana, penyampaian review terhadap renja tahun sebelumnya yang sudah dilakukan oleh Dinkes Sinjai dan dalam hal menunjang dan meningkatkan kapasitas dan tim perencana, pihaknya juga akan melakukan beberapa workshop.

"Jadi pendampingan ini untuk membantu menyusun renja secara baik, supaya nantinya apa yang menjadi persoalan sesuai dengan masalah-masalah program-program yang kita buat dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, Farina Irfani menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap agar para tim dapat memeberi data yang akurat dalam analisis nantinya.

"Tentu kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Kami harap tim perencana bisa menyuguhkan data yang akurat dalam proses analisis nantinya," tuturnya.

Selain itu, Sekda Sinjai, Akbar menekankan tentang pengelolaan perencanaan yang sedini mungkin harus dipersipkan secara matang.  

"Perencanaan itu harus dikelola dengan baik, sehingga semua tepat saran. Tetapi pada intinya bagaimana kita meningkatkan kapasitas SDM kita," tandasnya.

Penulis: Ayu
Editor  : Haeril

Sebelumnya
Selanjutnya