Senin, 15 Maret 2021

Lomba Desa di Sinjai Diawali di Desa Puncak, Ini Indikator Penilaiannya


SINJAI, KNEWS- Tahun ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai kembali mengadakan Lomba Desa Tingkat Kabupaten.

Penilaian lomba Desa tersebut diawali di Desa Puncak, Kecamatan Sinjai Selatan, Senin (15/03/2021).

“Alhamdulillah hari ini penilaiannya kita mulai di Desa Puncak dan akan berlanjut terus sampai 8 Kecamatan lainnya," ungkap Plt.Kadis PMD Sinjai, Jefrianto Asapa usai melakukan penilaian.

Dikatakan kegiatan ini bukan hal yang baru, sebab telah berjalan setiap tahunnya di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Sinjai.

Untuk penilaiannya lanjut dia, tetap mengacu pada Permendagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

Menurutnya Lomba desa ini untuk mengevaluasi sekaligus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa.

“Jadi secara umum aspek penilaiannnya, Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Kewilayahan. Semoga lomba ini dapat dijadikan ajang untuk memperlihatkan hasil pembangunan oleh desa selama dua tahun terakhir," harapnya.

Di sisi lain, kata Jefrianto Asapa Pemerintah Provinsi sangat mengharapkan ada inovasi yang dimunculkan di desa dan bisa menjadi nilai tawar yang tinggi dalam rangka membantu Pemerintah Desa mempercepat pelaksanaan pembangunan Kemasyarakatan dan pemberdayaan di desa yang bersangkutan.

Sedangkan desa terbaik, akan mewakili Kabupaten Sinjai pada lomba desa tingkat regional atau tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Desa yang terpilih nanti berarti adalah desa yang lebih siap untuk diikutkan pada lomba Desa Tingkat Provinsi nanti," tuturnya.

Sebelumnya, tim rombongan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai ini diterima langsung oleh Camat Sinjai Selatan, Agus Salam bersama Kepala Desa Puncak, Muh Idris di Aula Kantor Desa Puncak.

Hari kedua, Tim Penilai lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai akan menyambang Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Rabu (17/03).

Diketahui kegiatan ini tetap mengikuti protokol kesehatan.

(Dedi/Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya