Kamis, 04 Maret 2021

Pembangunan Infrastruktur Jalan di Sinjai Timur Menyentuh Tiga Ruas Jalan


SINJAI, KNEWS - Pembangunan infrastruktur terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di tahun 2021. Khusus di Kecamatan Sinjai Timur, pembangunan infrastruktur jalan tersebut menyentuh tiga ruas jalan. 

Kepastian pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Sinjai Timur disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Keciptakaryaan Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sinjai, Herman mewakili Kadis PUPR dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 Tingkat Kecamatan di Aula Camat Sinjai Timur. 

"Ruas jalan yang dimaksud sepanjang 6,69 Kilometer (Km), diantaranya ruas Tobeni-Biroro 2,95 Km, ruas Kolasa-Lengkese 2,09 Km dan ruas Passahakue-Maccini 1,65 Km," jelasnya, Kamis (04/03/21).

Lebih lanjut, Dirinya menambahkan bahwa anggaran pembangunan bersumber dari Dana Insentif daerah (DID).

"Anggaran pembangunan infrastruktur jalan ini bersumber dari Dana Insentif daerah (DID) 1," katanya.

Selain infrastruktur jalan, Herman juga mengungkapkan sejumlah paket pekerjaan juga akan dilaksanakan tahun ini di Kecamatan Sinjai Timur, termasuk didalamnya pembangunan keciptakaryaan seperti Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perpipaan hingga pengembangan dan Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T). 

"Jadi totalnya itu 10 paket pekerjaan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Sinjai Timur," imbuhnya.

Untuk kegiatan pembangunan keciptakayaan, kata Herman juga akan dilakukan pekerjaan SPAM perpipaan tematik penanggulangan kemiskinan Desa Saukang 130 unit, Pamsimas reguler di Desa Panaikang. 

Selanjutnya, pembangunan ipal skala pemukiman minimal 25 KK tematik stunting di Desa Bongki Lengkese dan Kaloling masing-masing 1 unit. 

Sementara itu, pembangunan tangki septik skala individual pedesaan minimal 50 KK tematik stunting Sanjai 111 unit, serta tangki septik skala komunal 5-10 KK tematik stunting Desa Panaikang dan Desa Sanjai masing-masing 5 unit. 

"Secara keseluruhan total anggaran untuk semua paket pekerjaan di Kecamatan Sinjai Timur sebesar Rp13,225 miliar lebih," ungkapnya. 

Musrenbang RKPD tahun 2022 yang dilaksanakan dengan tatap muka secara langsung dan melalui virtual itu dibuka Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong. 

Wabup Sinjai, A. Kartini Ottong berharap, meski Musrenbang digelar dalam suasana pandemi, namun diharapkan pelaksanaan Musrenbang harus tetap berkualitas.

Penulis: Akila
Editor   : Haeril

Sebelumnya
Selanjutnya