Jumat, 05 Maret 2021

Pendidikan Ners FKM UMI Gelar Kuliah Umum : Aspek Spiritual dalam Keperawatan Holistik


MAKASSAR, KNEWS - Pendidikan Ners FKM UMI (S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners) mengawali tahun ajaran baru dengan menggelar kuliah tamu di Aula FKM UMI, Kampus II Universitas Muslim Indonesia Makassar, Kamis (04/03/21).

Mengusung tema "Aspek Spiritual dalam keperawatan Holistik" kegiatan ini menghadirkan narasumber pakar spiritul dari Universitas Diponegoro Dr. Meidiana Dwidiyanti sebagai pembicara utama dalam kegiatan kuliah tamu kali ini

Kuliah tamu ini  dibuka oleh  Dr.Suharni A.Fachrin selaku Dekan FKM UMI. Mengawali sambutannya, dia mengungkapkan rasa syukur dan mengapresiasi kegiatan kuliah tamu ini.

"Selain bisa membantu meningkatkan kemajuan program studi kedepannya, kegiatan ini juga sejalan dengan visi misi universitas, kami berharap kegiatan ini terus dilakukan tidak hanya dalam lingkup nasional tapi sampai ke lingkup internasional," tuturnya. 

Dia juga mengapresiasi tema yang sesuai dengan visi misi pendidikan Ners FKM UMI.

"Tema ini selaras dengan Visi Misi Pendidikan Ners FKM UMI yang unggul dalam Bidang Keperawatan Holistik," katanya.

Dalam materinya Dr Meidiana Dwidiyanti mengungkapkan bahwa membangun pondasi kesehatan jiwa melalui mindfulness spiritual sangat bermanfaat dalam menjaga fisik pada situasi pandemi sekarang ini.

“Maindfulness spiritual merupakan latihan membersihkan qalbu yang memiliki beberapa tahapan yaitu: membangun niat, membangun ridho, membangun taubat, doa, body scan, relaksasi, dan membangun tawakal," katanya.

Salah satu Mahasiswa yang ikut serta mengapresiasi kegiatan ini.

"Kuliah tamu ini sangat bermanfaat, apalagi sebagai mahasiswa baru profesi ners yang akan dihadapkan dengan kegiatan Luring maupun daring nantinya akan sangat membutuhkan mental yang kuat, melalui  kegiatan ini kami bisa menjaga fisik melalui mindfulness spiritual," ujar Mahasiswa tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Pimpinan FKM UMI, Ketua Prodi S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Sekertaris S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, pada Dosen, Staf dan Para Mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners dengan total partisipan 764 Orang. 

(Red)

Sebelumnya
Selanjutnya