Senin, 01 Maret 2021

SAINS Unhas Gelar SKB Secara Daring


MAKASSAR, KNEWS - Studi Al-Qur'an Intensif (SAINS) Universitas Hasanuddin (Unhas) laksanakan SKB 1 dan Asisten Umum secara daring via Zoom. Sabtu (27/2/21)

Dengan mengusung tema "Menjadi pemuda unggul dan religius bersama Al-Qur’an". Kegiatan tersebut dihadiri oleh 648-an praktikan muslim dan 870-an praktikan Muslimah. 

Kegiatan SKB 1 ini sekaligus menjadi awal dari program SAINS Semester Genap 2021 yang dibuka oleh Kepala UPT MKU Unhas, Rahmatullah Jafar.

Diketahui, SAINS (Studi Al-Qur'an Intensif) merupakan sarana belajar Al-Qur'an terbesar di Universitas Hasanuddin yang telah hadir sejak tahun 2006. SAINS menjadi bagian dari Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilaksanakan oleh Tim SAINS bekerjasama dengan UPT MKU Unhas. Kegiatan SAINS ditujukan kepada seluruh mahasiswa yang memprogramkan Mata Kuliah PAI dari 15 fakultas yang ada di Unhas. 

Selama pandemi covid-19,  SAINS telah dijalankan secara daring mulai pertengahan Semester genap 2020 sampai Semester genap 2021 yang sedang berlangsung. 

Kondisi pembelajaran secara daring menjadi tantangan tersendiri bagi Tim SAINS, praktikan (pelajar Al-Qur'an), asisten (pengajar Al-Qur'an), serta dosen PAI untuk bisa tetap memaksimalkan diri dalam pelaksanaan program SAINS.

Pada semester ini, jumlah Mahasiswa yang memprogramkan Mata Kuliah PAI sekaligus terdaftar sebagai praktikan SAINS sekitar 2.100-an Mahasiswa yang berasal dari 4 Fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 

Dosen Mata Kuliah PAI Unhas sekaligus pemateri pada kegiatan ini, Fadlan Ahmad Berharap program SAINS dapat menjadi perantara untuk menyiarkan Al-Qur'an.

"Dengan adanya program SAINS menjadi wasilah untuk mensyiarkan Al-Qur'an kepada seluruh civitas akademika di Unhas," harapnya

Ia juga berpesan hadirkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan.

“Jadikanlah Al-Qur’an sebagai dasar yang paling utama dari seluruh Ilmu Pengetahuan. Apapun disiplin ilmu yang digeluti dan dari fakultas manapun kita di Unhas, maka wajib menghadirkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan dengan cara mempelajarinya secara intensif," katanya

(Rill/wiwi)

Sebelumnya
Selanjutnya