Jumat, 19 Maret 2021

Sebelum Jadi Alumni, SMA Muhammadiyah 6 Gelar FGD

MAKASSAR, KNEWS – Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 6 Makassar menggelar Forum Grup Discussion (FGD) di Mushollah Kompleks Perguruan Muhammadiyah Jalan Muhammadiyah Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (18/03/21).

Forum Grup Discussion (FGD) ini dilaksanakan secara offline di SMA Muhammadiyah 6 Makassar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dimana kegiatan ini bertujuan mengajak siswa untuk belajar tampil di depan umum berbicara serta mengasa nalar kritis siswa dalam memahami persoalan disekitar mereka serta mencari solusinya, mulai dari persoalan Pendidikan, Teknologi, Politik, Ekonomi dan Sosial.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 6 Makassar, Saiful Kaharuddin mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai latihan bagi siswa SMAMsix untuk berani menyampaikan pendapat melalui forum diskusi ilmiah, bukan debat kusir sebagai mana sering terjadi pada dewasa ini bahkan dikalangan mahasiswa sering terjadi debat kusir.

"Oleh karena itu FGD ini sebagai proses latihan dan evaluasi dalam berdiskusi sebagai pengalaman yang berharga sebelum menjadi alumni, paling tidak minimal mereka sudah pernah menjadi narasumber meskipun skalanya kecil, minimal mereka merasakan bagaimana menyampaikan materi didepan forum dan menjawab pertanyaan dan menerima tanggapan balik dalam forum terbuka secara internal," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu peserta FGD, Corona Amarilis yang juga merupakan siswa yang duduk di bangku kelas XII sangat mengapresiasi kegiatan ini, setelah mengikuti FGD dirinya dapat mengambil banyak ilmu pengetahuan baru salah satunya sudah bisa mengetahui apa itu  Information technology (IT) dan dampak-dampak apa yang disebabkan dari adanya perkembangan IT di era globalisasi ini.

"Kedepan semoga setelah mengikuti FGD saya bisa menjadi pribadi yang lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum dalam menyampaikan segala opini-opini saya mengenai segala hal," pungkasnya.

Diketahui kegiatan ini dihadiri oleh Kepala SMA Muhammadiyah 6 Makassar, Guru, staf dan siswa.

Penulis: Akbar
Editor   : Haeril

Sebelumnya
Selanjutnya