Senin, 05 April 2021

Bukan Covid-19, Legislator Gowa Bicara Soal Penyakit Yang Dapat Menyerang Siapa Saja

 


GOWA, KNEWS - Legislator DPRD Kabupaten Gowa. Husniah Dg Talenrang memberikan support dan semangat kepada puluhan kader TB Komunitas Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis. Support itu di sampaikan pada kegiatan Refreshment Kader di Aula Puskesmas Pallangga, Senin (5/4/21).

Wakil ketua komisi IV DPRD Gowa itu mengingatkan para kader agar tidak menyerah dalam misi penanggulangan TBC melalui aktivitas penjangkauan dan pendampingan.

"Saya ini adalah mantan pasien TB berobat tahun 2008, makanya jika menyoal tentang TB saya bisa bercerita karena ada hubungan emosional," ucapnya kepada knews.

Sebagai pemangku kebijakan, ia juga menyatakan komitmennya untuk mengawal Perda TB agar diterbitkan juga Perbub Gowa.

Penanggungjawab Program TB Komunitas Yamali TB Kab. Gowa. Kamaraddin menjelaskan bahwa kuman TBC memang tak tebang pilih. Penyakit itu bisa menjangkiti siapa saja tanpa memandang latar belakang, status dan usia.

"Selama ini masih banyak anggapan bahwa TBC merupakan penyakit keturunan dan atau kutukan, padahal kita tahu ia penyakit menular yang telah berusia ratusan tahun," katanya.

Di Gowa, lanjut Kamaruddin dampak TBC sangat terasa di masyarakat, sebab yang dijangkiti adalah mereka dalam usia produktif. Kasusnya pun masih banyak dan masih menjadi tanggungjawab bersama untuk menemukannya melalui petugas kesehatan dan juga kader TB Komunitas.

(Red/Akbar)

Sebelumnya
Selanjutnya