Rabu, 07 April 2021

Program Literasi Bersahaja, Gelar Edukasi Hukum Kepada Masyarakat

 


SINJAI, KNEWS - Program Literasi Bersahabat dengan Jaksa (Bersahaja), merupakan kolaborasi antara Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai dengan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM), berlangsung di Aula UPTD Sentra Industri, Kelurahan Lappa, Rabu, (7/4/21).

Kegiatan ini telah launching di awal bulan Maret lalu, dimana kegiatan ini hadir untuk mensosialisasikan dan mengedukasikan hukum kepada masyarakat, tujuannya memberi pemahaman tentang undang undang yang berlaku serta implementasinya agar bisa meminimalisir persoalan persoalan yang biasa muncul di masyarakat.

Dari informasi yang diperoleh knews. Hadir membawa materi Kasi Intel Bapak Helmi dari Kejaksaan Negeri Sinjai dengan materinya tentang Transparansi Dalam Pengurusan Penertiban Surat Izin Kapal Guna Menghindari Terjadinya Oenyimpangan yang Nengarah Oada Terjadinya Tindak Pidana Korupsi. Kasi PB3R Bapak Alfian dengan materi Kenakalan Remaja, Miras, Narkoba, dan Tindak Pidana Lainnya danRozalina Abidin, selaku Jaksa Fungsional dengan materibtentang kekerasan terhadap perempuan dan peradilan anak.

Mirfayani Mirsal ketua Forum TBM mengatakan bahwa ini salah satu langkah awal untuk mengantisipasi persoalan sosial yang terjadi di masyarakat.

Kegiatan ini sebagai langkah awal mengidentifikasi beberapa persoalan dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat yang terkadang menimbulkan gesekan atau konflik, setelah diidentifikasi lalu dievaluasi kemudian mencari solusi sehingga masalah sosial bisa diminimalisir. 

Bersama dengan bapak Kepala Kejaksaan dan jajarannya kami dari Forum TBM mencoba mendalami keluhan keluhan masyarakat yang berkaitan dengan hukum," Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai, Ajie Prasetya  mengungkapkan, untuk membuka wawasan masyarakat tentang persoalan hukum.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan bagi segenap lapisan masyarkat mengenai berbagai ilmu pengetahuan khususnya dibidang hukum yang tentu saja agar masyarakat taat dan melek hukum. Kegiatan ini harus terus secara konsisten dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen masyrakat, selain itu mengidentifikasi permasalahan2 yg terjadi di masyrakat yang belum terpecahkan." Jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Sinjai Utara, Bhabinkantibmas dan Babinsa Kel. Lappa, perwakilan dari Camat Sinjai Utara dan Perwakilan dari Lurah Lappa, ketua HNSI Kab. Sinjai, para kepala lingkungan sekelurahan Lappa, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda. (Red/Renal).

Sebelumnya
Selanjutnya